Kwartet Mahasiswa FK Wakili UNAIR ke Olimpiade MIPA Tingkat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KEEMPAT mahasiswa FK yang lolos seleksi tingkat regional ON-MIPA PT di ITN Malang; siap menuju ke tingkat nasional. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Tim Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) Universitas Airlangga lolos ke tingkat nasional, yang akan diperlombakan antara Mei-Juni mendatang di Jakarta. “Kwartet” ON-MIPA dari FK UNAIR itu adalah Dinni Royana, Kharis Lazuardi, Winda Denis, dan Miftau Rahman, semua mahasiswa FK semester VI.

Penentuan maju ke babak nasional itu setelah mereka lolos di seleksi tahap II (tingkat regional) di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, 5-6 April lalu. Seleksi tahap I diselenggarakan tingkat universitas di UNAIR. Pada babak regional itu, mereka beradu ketangkasan dengan kompetitor asal berbagai perguruan tinggi di Jatim untuk berpacu menyelesaikan soal-soal dari panitia pusat. Soalnya terdiri empat bidang keilmuan: matematika, fisika, kimia, dan biologi, harus dikerjakan dalam dua jam.

ON-MIPA PT merupakan ajang kompetisi mahasiswa di bidang sains (matematika, fisika, kimia, dan biologi) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Persaingan tingkat nasional jelas semakin ketat. Untuk itu Dinni Royana Dkk mengaku optimis dapat mengikuti olimpiade ini dengan sebaik mungkin meski baru pertama kali ini mengikuti event ini.

”Pada tahun-tahun sebelumnya ON-MIPA PT hanya membuka kesempatan bagi mahasiswa FST, ketika tahun ini terbuka untuk fakultas lain maka kami dari FK menjajal peruntungan ini, akhirnya bersama dengan tim dari FKG kami lolos,” kenang Dinni kepada UNAIRNEWS.

Setelah lolos ke jenjang nasional, selanjutnya Dinni, Kharis, Winda, dan Mifta ditambah seorang lagi mahasiswa FKUA peraih Juara I OSN-Pertamina (Kategori Teori) tahun 2015, yaitu Pandit Bagus, kini sudah mempersiapkan diri untuk berkompetisi di babak nasional. Pengalaman di berbagai ajang olimpiade sains saat mereka masih di bangku SMA akan dijadikan modal, mengingat pada saat itu mereka pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu.

”Sebenarnya tidak ada persiapan secara khusus untuk ke tingkat nasional itu, hanya kami akan belajar dibawah bimbingan Pembina. Yang pasti kami juga melakukan persiapan secara pribadi, belajar dan mengulang kembali ilmu yang pernah kami pelajari,” kata Dinni.

Seleksi nasional ON-MIPA PT memang menjadi tahap penentuan siapa yang bakal membawa pulang prestasi tertinggi nasional di bidang sains; baik melalui medali emas, perak, perunggu dan honorable mention untuk masing-masing bidang ilmu sains. Mereka mengakui, untuk meraihnya itu tidaklah mudah, namun mereka mengaku optimis dapat membawa hasil yang terbaik untuk UNAIR. (*)

Penulis : Sefya Hayu Istighfaricha
Editor : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu