Gandeng Awak Media, Beri Tips Sukses Berkarir di Media

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ir. Latif Harnoko, MBA., Saat Menyampaikan Materi Di Aula Siti Parwati FIB UNAIR. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Langkah UNAIR dalam meningkatkan kualitas lulusan terus digalakkan, mulai mengadakan pameran bursa kerja, pelatihan-pelatihan memasuki dunia kerja, seminar, hingga mengadakan konsultasi karir. Kali ini, UNAIR melalui Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) bersama Fakultas Ilmu Budaya (FIB) menggelar seminar yang bertajuk Sukses Berkarir di Media, Jumat (29/4).

Seminar yang dilaksanakan di Aula Siti Parwati FIB UNAIR tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FIB UNAIR, Puji Karyanto, S.S., M.Hum. Pada sambutannya ia  berharap bahwa kegiatan seminar dengan menggandeng awak media seperti bisa lebih sering diadakan di FIB, pasalnya FIB dirasa memiliki potensi mahasiswa yang dekat dengan media.

“Saya harap kegiatan seperti ini lebih sering diadakan di fakultas kami, agar kemampuan mahasiswa FIB bisa terus terasah dan berani untuk bertarung dipersaingan global,” jelasnya.

Didampingi moderator Lastiko Endi Rahmantyo, S.S., M.Hum., ketua PPKK UNAIR, Dr. Elly Munadziroh, M.S., Drg., menyatakan bahwa dalam dunia industri media seseorang tidak sekedar berkarir, namun baginya penting untuk melangkah menuju sukses berkarir.

“Makanya dalam jagat media pentingnya sebuah kreatifitas dan tata mental untuk senantiasa percaya diri,” ujarnya.

Ir. Latif Harnoko, MBA., selaku Senior Vice President Trans TV mengaku sudah tidak asing lagi memberikan materi di UNAIR, dalam pemaparananya ia menjelaskan dinamika perjalanan media di Indonesia, baginya jatuh bangun dalam menjalankan dunia media di negeri ini bisa menjadi landasan untuk memajukan industri media.

“Dulu tahun 1998 jumlah penonton tertinggi di salah satu stasiun TV bisa sampai 30%, namun tahun ini hanya bisa 12%, berangkat dari menurunnya peminat TV ini makanya sekarang sebagian stasiun TV memilih bergabung,” jelasnya.

Harnoko juga mengimbuhkan bahwa untuk meniti sukses dalam industri media diperlukan beberpa karakter mulai dari sikap percaya diri, terus ingin belajar, berani adaptasi, dan menggali pengalaman baru.

“Namun yang tidak kalah penting dalam berkarir di industri media adalah sikap kerja keras dan  yang pasti bekerjalah sesuai dengan passion, ini kuncinya agar bisa sukses,” pungkasnya. (*)

Penulis : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu