Hikmah Sebulan Tidur di Mushala, Vega Jadi Wisudawan Terbaik FPK

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Vega Chrisnawati dalam suatu kegiatan berorganisasi bersama adik-adik Pramuka. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mengangkat penelitian berjudul “Pengaruh Pemberian Probiotik dengan Waktu Berbeda Terhadap Penurunan Amoniak dan Bahan Organik Total Media Pemeliharaan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)”, Vega Chirsnawati meraih predikat wisudawan terbaik Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) UNAIR periode Maret 2016.

Ditanya perihal perjuangannya menyelesaikan penelitiannya, mahasiswa kelahiran Kediri 15 September 1992 ini punya kisah cukup menarik. Sebab penelitian yang rencananya akan dilakukan selama 40 hari itu ternyata kandas di hari ke-35, akibat matinya benih-benih udang yang dipelihara.

“Penelitian yang saya lakukan merupakan penelitian pemeliharaan, sehingga membutuhkan waktu yang cukup serta tenaga yang ekstra. Saya harus memberi makan benih udang itu pukul 22.00 selama 40 hari,” kata peraih IPK 3,69 ini. Anak pertama dari tiga bersaudara ini menambahkan bahwa musibah yang menimpanya itu membuat ia harus mengulang penelitiannya dari awal.

Kebetulan, saat mengulang penelitian itu Vega agak trauma, sehingga selama penelitiannya bersama temannya ia harus bergantian bermalam di kampus. Padahal di kampus tidak ada fasilitas untuk mahasiswa yang melakukan penelitian dan bermalam. “Jadi kami terpaksa tidur di mushala kampus selama hampir satu bulan,” tutur Vega.

Ternyata pengorbanannya tidak sia-sia. Gadis penghobi traveling dan memasak ini tidak punya tips dan trik khusus untuk menjadi wisudawan terbaik. Hanya fokus pada saat mengikuti perkuliahan, meluangkan waktu untuk diskusi diluar jam kuliah, dan rajin mengikuti kegiatan magang. Itu yang ia lakukan. Sebagai mahasiswi yang aktif berorganisasi dan beragam kegiatan lainnya, manajemen waktu yang baik tentu juga menjadi hal yang Vega perhatikan.

”Apabila menjadi  aktivis ya harus memiliki kemampuan mengatur waktu yang baik dan mampu memprioritaskan sesuatu,” kata Vega. (*)

Penulis : Nuri Hermawan
Editor : Bambang Bes

Berita Terkait

Iwan Iwe

Iwan Iwe

Pemerhati media

Leave Reply

Close Menu