Sertijab UKM MENWA, Tekad Tingkatkan Bela Negara

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prosesi serah terima jabatan UKM MENWA Universitas Airlangga (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga yang turut serta dalam rangka penanaman dan penyebaran upaya bela negara. Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa (UKM MENWA) adalah salah satu unit di Universitas Airlangga yang mewadahi itu. UKM MENWA menjadi salah satu bagian dari sistem pertahanan negara yang berperan penting dan strategis sebagai duta-duta bela negara di lingkungan universitas.

Sabtu (16/4) bertempat di ruang Kahuripan, Kantor Manajemen UNAIR, UKM MENWA menyelenggarakan Serah Terima Jabatan Komandan Satuan MENWA UNAIR. Serah terima jabatan ini menandakan berakhirnya kepengurusan periode 2015-2016, yang akan dilanjutkan oleh kepengurusan periode 2016-2017.

Sertijab dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari koordinator UKM UNAIR, alumni MENWA UNAIR, UKM Menwa se-Surabaya, perwakilan Kodim 0831 Surabaya, serta mahasiswa yang tergabung dalam di UKM UNAIR.

“Fungsi dari Satuan Resimen Mahasiswa 801 UNAIR akan dikembalikan tugasnya seperti dulu sebelum masa reformasi, yaitu sebagai dinamisator dan stabilitator kampus,” tegas Drs. Djoko Adi Prasetyo, M.Si., selaku Pembina UKM MENWA dalam pidato Sertijab MENWA tahun 2016-2017.

Sertijab ditandai dengan pelepasan tanda jabatan dari komandan lama, Berrytia Santoso mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan angkatan 2012, kepada komandan baru terpilih, Fachrizal Amrullah mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi angkatan 2013. Upacara Sertijab berjalan dengan khidmat dengan diikuti oleh seluruh komponen yang hadir.

Berbeda dengan acara sebelumnya, pada Sertijab kali ini diadakan kuliah umum dengan materi yang berasal dari tiga Kementerian RI. Tiga kementerian tersebut yaitu yaitu Kementerian Pertahanan (Kemenham), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang disampaikan oleh Deni Yasmara, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp., Kep. MB selaku Koordinator 37 UKM di UNAIR.

Deni menuturkan bahwa UKM MENWA akan dijadikan sebagai pengawal dalam pengkaderan bela negara di lingkungan UNAIR.

Berfoto bersama, seluruh anggota yang tergabung dalam UKM MENWA Universitas Airlangga (Foto: Istimewa)
Berfoto bersama, seluruh anggota yang tergabung dalam UKM MENWA Universitas Airlangga (Foto: Istimewa)

“Pengetahuan bela negara yang semakin menipis dikalangan mahasiswa, menimbulkan berbagai masalah terkait radikalisme dan terorisme. UKM MENWA nanti akan dijadikan sebagai ujung tombak dan pengawal dalam menarik mahasiswa baru 2016, dalam upaya pengkaderan supaya tidak terjadi dualisme,” ujarnya.

Perlunya pengetahuan bela negara ini, memotivasi Deni untuk menyebarluaskan posisi anggota MENWA yang harus ada di semua fakultas.

“Rencananya, sebagai ajang penanaman pengetahuan bela negara di UNAIR, minimal harus ada satu mahasiswa tiap fakultas untuk bisa dibina menjadi anggota MENWA. Karena melihat saat ini permasalahan radikalisme dan terorisme yang semakin membesar,” ujar Deni saat menyampaikan materi.

Banyaknya alumni MENWA yang datang pada acara Sertijab kali ini merupakan momen emas dalam menjalin silaturahmi antara anggota aktif dan para alumni. Selain itu, para anggota juga berkesempatan untuk belajar mempersiapkan diri melangkah ke dunia kerja pasca lulus dari UNAIR nanti. (*)

Penulis : Disih Sugianti
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu