Kuliah Internship Dekatkan Mahasiswa Perpajakan dengan Praktik Nyata

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Kuliah Internship Lab Administrasi Perpajakan di Kantor Pajak Jalan Jagir Wonokromo (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Prodi Perpajakan mengadakan Kuliah Internship Lab Administrasi Perpajakan di Kantor Pajak Jalan Jagir Wonokromo. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (12/4) dan Jum’at (15/4) ini merupakan perkuliahan pertemuan terakhir sebelum Ujian Tengah Semester (UTS). Kuliah ini ditujukan dalam rangka mendekatkan mahasiswa Prodi Perpajakan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dengan dunia praktik dalam hal ini dengan otoritas fiskal.

Pada sesi Selasa, Kabid P2 Humas Teguh Pribadi Prasetya dan staf menjadi narasumber. Yang disorot adalah soal pentingnya mengenal pajak sejak dini. “Tujuannya, agar kesadaran untuk menjadi Wajib Pajak yang baik tumbuh sejak kecil. Sehingga ketika sudah dewasa, akan lebih mudah mengaplikasikannya,” kata Teguh.

Mahasiswa tidak ada hanya mendapat cerita. Namun juga, memperoleh pengalaman langsung terkait kondisi di kantor pajak. Perkuliahan juga diselingi dengan game seru. Sehingga, tidak menjemukan.

Kanwil DJP Jawa Timur 1 yang berlokasi di Jagir Wonokromo menyediakan hadiah untuk mahasiswa yang terpilih melalui game yang dimaksud. Akhir sesi ditutup dengan foto bersama seluruh mahasiswa dan pegawai Kanwil DJP Jawa Timur 1 yang hadir dalam acara.

Perkuliahan sesi Jum’at ini tetap berlangsung walaupun hujan lebat menemani di luar sana. Bagian ini tidak kalah seru dengan perkuliahan sesi Selasa. Mahasiswa dikenalkan secara dekat terkait administrasi perpajakan di kantor pajak. Juga, susunan struktural di Direktorat Jenderal Pajak yang notabene berada di bawah Kementerian Keuangan.

Kuliah ini merupakan sesi penutup rangkaian kuliah internship Lab Administrasi Perpajakan Semester Genap tahun ajaran 2015/2016. Akhir sesi ditutup dengan pertukaran cinderamata Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur 1 dan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. (*)

Penulis: Okta Hartadinata
Editor: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu