Wisudawan Terbaik, Yolanda Pantang Pulang Sebelum Sidang, Sandra Berkat Usaha yang Fokus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi UNAIR NEWS

UNAIR NEWS – Terharu. Inilah perasaan Yolanda Anggritha ketika mengetahui dirinya dinyatakan sebagai wisudawan terbaik jenjang sarjana (S1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) dalam wisuda Maret 2016 lalu. IPK yang diraihnya, 3,97, terbilang tinggi, namun gadis kelahiran Serang 7 Maret 1994 ini tetap tidak menyangka dirinya yang terpilih untuk menyandang predikat itu.

Yolanda Anggritha wisudawan terbaik jenjang sarjana (S1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Foto: Istimewa)
Yolanda Anggritha.

“Sampai detik ini (dua hari menjelang wisuda – red) masih tidak menyangka kalau saya yang terpilih. Saya yakin pasti banyak teman lain dengan IPK lebih tinggi dari saya. Tetapi puji syukur saya yang diamanatkan Allah untuk ini,” ujarnya penuh rasa haru.

Sebagai mahasiswa, Yolanda mengaku selama ini biasa-biasa saja. Juga mengaku tidak sekritis teman-temannya, dalam banyak hal. Ia yakin, hanya ada satu hal yang diyakini mengantarnya menjadi yang membanggakan ini. “Satu hal itu adalah bahwa tidak ada hasil yang mengingkari dari usaha dan doa,” ujar cewek yang pernah menjadi asisten dosen Manajemen Keuangan ini.

Usaha keras Yolanda memang patut diacungi jempol. Ketika musim liburan, ia tidak seperti banyak mahasiswa perantauan yang memilih pulang kampong, tetapi ia memilih tetap tinggal di Surabaya. Pengakuannya, ia pantang untuk pulang sebelum melaksanakan sidang.

“Semua teman kos saya pulang, hanya saya yang tidak. Karena saya janji pada diri saya bahwa tidak akan pulang sebelum selesai sidang skripsi,” ujarnya, seraya mengatakan bahwa semua yang ia lakukan ini semata untuk membanggakan kekedua orang tuanya.

Di kampus FEB, sarjana manajemen ini juga mengaku bersyukur telah memperoleh kesempatan diajar oleh para dosen yang sangat perhatian, serta bertemu kawan-kawan yang saling memberi dukungan. Memori hampir empat tahun kuliah di FEB UNAIR akan selalu diingatnya sebagai memori indah pada masa-masa mendatang. (*)

SANDRA MENGKAJI NOVEL AYU UTAMI

Sandra Whilla Mulia wisudawan terbaik program magister Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Foto: Istimewa)
Sandra Whilla Mulia.

SEMENTARA ini, kajian-kajian terhadap novel-novel karya Ayu Utami, kebanyakan hanya dilihat dari segi seksualitas, gender, dan feminisme semata. Namun tidak bagi Sandra Whilla Mulia. Ia menemukan sisi lain, yaitu unsur realisme magis juga menonjol dalam novel Ayu Utami. Salah satunya yang ada dalam novel Simple Miracles Doa dan Arwah”.

“Novel tersebut banyak mengisahkan tentang kepercayaan, mitos, dan tradisi yang berkaitan dengan makhluk halus yang melegenda di tanah Jawa (misalnya pocong dan kuntilanak). Itu sesuatu yang jarang dibahas,” ujar perempuan asli Lamongan ini seraya menjelaskan bahwa selama ini banyak peneliti yang lebih memilih menganalisis karya sastra realisme magis dari negara lain.

Selama menyelesaikan tesisnya, diakui memang tidak mudah. Karena harus bolak-balik ke UGM untuk mencari rujukan penelitian yang cocok. Tetapi akhirnya usaha kerasnya itu berbuah manis, dan mengatrol IPK-nya menjadi 3,84 sehingga dinobatkan sebagai wisudawan terbaik program magister Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dalam wisuda Maret lalu.

”Fokus dan sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas, tidak malu berkonsultasi dengan dosen, berdiskusi dengan teman, itu resepnya,” ujar staf pengajar Ilmu Folklore di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ini mengenai tips-triknya saat menempuh studi. Ia menegaskan bahwa yang ia raih ini juga tidak terlepas dari doa orang tuanya.

Baginya, keberhasilannya menjadi wisudawan terbaik ini sebagai bagian dari prinsip yang ia pegang bahwa menjadi perempuan cantik saja tidak cukup, lebih dari itu sebuah kombinasi yang luar biasa akan terbentuk ketika paras yang menawan diimbangi dengan intelektualitas yang mumpuni. (*)

Penulis : Yeano Dwi Handika, Disih Sugianti.
Editor : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu