Persaingan Kerja Makin Tinggi, Mahasiswa Perlu Persiapkan Sejak Dini

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto bersama panitia workshop dengan Trans Corp (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dewasa ini, tantangan memasuki dunia kerja semakin tinggi. Lulusan harus diberi bekal untuk mempersiapkan diri menghadapi ketatnya persaingan dalam dunia kerja. Untuk itu, Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga bekerja sama dengan BEM Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR serta Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) UNAIR menggelar workshop bertajuk “Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja”.

Pada workshop kali ini, PPKK mengundang pembicara Ratnadi A. Laksono selaku East Regional Head Transvision, Ida Ayu Puspasari, Ph.D., Kadiv Relasi Eksternal Total Energy, dan Dr. Elly Munadziroh, M.S., Drg selaku ketua PPKK UNAIR. Pelatihan berlangsung pada Sabtu-Minggu (9-10/4) di ruang 322A dan B Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR.

Pelatihan dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan bekal mahasiswa dan alumni dalam menghadapi persaingan kerja. Pelatihan ini juga sebagai ajang sharing alumni, karena kedua pembicara yaitu Ratnadi dan Ida Ayu merupakan alumni UNAIR.

Ratnadi A. Laksono, alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 1988, memaparkan mengenai motivasi dan kompetensi diri dalam seleksi kerja. Di samping itu, Ratnadi juga memberikan pelatihan bagaimana cara untuk tampil cerdas dan menarik, khususnya saat proses seleksi kerja seperti pada tahap wawancara.

Ida Ayu Puspasari, Ph.D, alumni FMIPA UNAIR (saat ini FST) angkatan 1984, memaparkan materi tentang kiat-kiat strategis menembus wawancara secara efektif. Total Energy sebagai salah satu perusahaan multinasional, termasuk perusahaan yang menjadi incaran banyak lulusan. Maka perlu adanya upaya yang efektif dan startegis untuk menembus proses seleksinya. Hal ini yang terkadang masih kurang diperhatikan dan dipersiapkan oleh mahasiswa.

Elly Munadziroh menganggap kegiatan workshop ini perlu diberikan kepada mahasiswa. Soft skill dan kesiapan dalam menghadapi persaingan dunia kerja inilah yang perlu dipersiapkan.

“Kami ingin lulusan UNAIR sudah memiliki bekal sejak dini dalam menghadapi persaingan dunia kerja, bahkan sejak masih sebagai mahasiswa. Atau kalau perlu, mereka menciptakan lapangan kerja setelah lulus,” ujar Elly.

Kegiatan workshop juga diisi materi mengenai bisnis dan kewirausahaan. Materi ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan membuka ide-ide peserta mengenai bisnis. Hari pertama workshop ditutup dengan pemaparan materi mengenai proses online recruitment, serta hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dalam menghadapi online recruitment.

Di hari kedua, workshop dilanjutkan dengan pemberian materi lebih lanjut mengenai persiapan menghadapi proses melamar kerja. Peserta workshop dibekali tips-tips membuat surat lamaran dan CV yang promotif. Peserta juga dilatih bagaimana strategi menghadapi assessment.

“Workshop dengan materi-materi yang strategis untuk memasuki dunia kerja ini, diharapkan dapat membuka wawasan sekaligus memeberikan bekal bagi para peserta pelatihan,” kata Elly. (*)

Penulis : Okky Putri Rahayu
Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu