Bentuk IKAMALA, Mahasiswa UNAIR Lamongan Adakan Bakti Sosial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Anggota IKAMALA berikan penyuluhan mengenai cara mencuci tangan (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sebagai agent of change, mahasiswa memiliki peran penting dalam lingkungan masyarakat untuk memberi pembenahan kearah yang lebih baik, hal inilah yang mendorong terbentuknya Ikatan Mahasiswa Lamongan (IKAMALA), untuk menyatukan elemen mahasiswa dari Lamongan sebagai fasilitas sharing ilmu di lingkungan masyarakat.

Terhitung sejak bulan Desember 2015, Organisasi Mahasiswa Daerah (ORMADA) ini terus bergerak aktif dalam membangun kepeduliannya kepada masyarakat. Selain mahasiswa UNAIR, IKAMALA juga memiliki anggota dari Universitas Trunojoyo Madura(UTM).

Sejak awal pembentuknya, IKAMALA sudah terhitung dua kali melakukan Bakti Sosial (BAKSOS). Terbaru, diadakan di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Rhodiyatul Jannah Kedung Cowek Surabaya pada Minggu (10/4).

Bersama 35 anak–anak SD yang berada di yayasan tersebut, berbagai materi di sampaikan secara bergantian oleh mahasiswa UNAIR, beberapa diantaranya seperti bagaimana cara menggosok gigi yang benar, mencuci tangan dan memberikan pengertian mengenai pengaruh gadget bagi perkembangan mental anak kedepan.

“Organisasi ini diadakan untuk membantu anak-anak yang kurang mendapatkan pendidikan supaya dapat memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, selain itu supaya kami lebih dekat dengan masyarakat dan bisa merangkul semua elemen,” ungkap Danang Bagus Mahendra, sebagai salah satu anggota IKAMALA.

Berbagai kendala acapkali mengiringi kegiatan organisasi, salah satunya adalah kendala biaya. Namun dapat teratasi oleh uang iuran yang didapat dari anggota IKAMALA sendiri maupun dari hasil dana usaha di setiap fakultas sehingga dapat terkumpul dan didonasikan.

Ketua IKAMALA 2016, Aditama Ardi Nugraha, menerangkan bahwa organisasi daerah ini masih tergolong baru, sehingga masih membutuhkan banyak bimbingan, wawasan, serta jaringan yang luas agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.

“Rencananya kami mau mencari pembimbing dari alumni mahasiswa Lamongan yang ada di sekitar Surabaya, kalau bisa alumni UNAIR,” pungkasnya.

Penulis : Disih Sugianti
Editor   : Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu