Belajar Budaya dan Sejarah di Negeri Sakura

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi UNAIR NEWS

UNAIR NEWS – Kesempatan berkunjung ke negeri luar dalam rangka studi memang tak boleh dilewatkan. Setelah dari luar negeri, ada saja pengalaman menarik yang bisa dibagikan kepada teman-teman atau pihak yang membutuhkan informasi.

Ni Made Ayu Karina Wiraswari, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Foto: Istimewa)
Ni Made Ayu Karina Wiraswari, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Foto: Istimewa)

Ni Made Ayu Karina Wiraswari, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, akhir Maret 2016 lalu baru saja kembali dari Negeri Sakura. Ia bersama delapan mahasiswa asal Indonesia terpilih mengikuti spring program lainnya berkunjung ke Universitas Kumamoto, Jepang, selama sepuluh hari.

Mahasiswa program studi Sistem Informasi, FST UNAIR, itu menuturkan bahwa pihak penyelenggara kegiatan menyuguhkan beragam edukasi budaya, mulai dari tarian tradisional, kuliner, olahraga bela diri, ke tempat pembuatan pernak-pernik khas Jepang, hingga disuguhkan dengan sejarah Istana Kumamoto.

“Kegiatan ini memang bertujuan untuk menarik minat mahasiswa asing untuk belajar ke Jepang, ya, utamanya belajar di Universitas Kumamoto,” jelas Karina yang juga penerima beasiswa Bank Indonesia.

Karina menuturkan, dengan adanya kegiatan spring program ia akhirnya mendapatkan banyak relasi baru dengan mahasiswa dari berbagai negara di Asia. “Dengan interaksi dengan mahasiswa-mahasiswa asing lainnya, secara tidak langsung, kita juga mempromosikan keunggulan yang dimiliki Indonesia. Pengalaman penting, ya, bisa punya relasi, teman baru, banyak pengalaman yang saya dapatkan dari komunikasi dengan mahasiswa dari beragam negara,” ujar perempuan kelahiran 19 Oktober 1993.

Berkunjung ke museum

Mahasiswa UNAIR lainnya yang juga berkesempatan mengunjungi Negeri Matahari Terbit adalah Annisa Rochma Sari. Ia mengikuti program Study and Visit Japan 2016 dengan kegiatan bertema ‘Modernization and Post-War Experience’ di Universitas Okayama yang berakhir pada penghujung Maret lalu.

Annisa Rochma Sari mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (Foto: Istimewa)
Annisa Rochma Sari mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (Foto: Istimewa)

Pada kunjungannya ke Jepang, mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, UNAIR itu mengagumi sistem perkuliahan di Jepang. Ia menilai penjelasan para profesor di Jepang cukup detail, serta mendorong dan mengembangkan daya kritis mahasiswa. Selain itu, mahasiswa kelahiran 11 Mei 1995 tersebut juga kagum dengan sistem pelayanan museum di Jepang. Annisa menyebutkan bahwa museum di Jepang memiliki visualisasi yang terintegrasi dengan permainan audio, diorama, dan media informasi yang lengkap.

“Museum di sana sangat menarik, misalnya di Museum Yamato yang kami kunjungi, tidak hanya menampilkan sejarah tentang kapal perang Yamato, tetapi juga replika dan beberapa bagian mesin asli. Peralatan itu sengaja dihadirkan supaya pengunjung bisa menyentuh dan menyadari adanya koneksi antara masa lalu dan masa kini,” ujar Annisa.

Ia juga dibuat takjub dengan Hiroshima Peace Museum and Memorial Park. Beragam memori, barang bukti, audio visual tentang sejarah, atmosfer sunyi bercampur sedih dan mencekam, serta diorama korban bom atom di Hiroshima juga dihadirkan.

“Hal itu memang bertujuan untuk menyadarkan pengunjung bahwa tragedi kemanusiaan seperti ini tidak boleh terulang kembali,” imbuhnya.

Ditanya mengenai rencana selanjutnya usai pulang dari Jepang, mahasiswa yang hobi travelling tersebut menjelaskan bahwa dirinya ingin mengembangkan cara belajar sejarah dan budaya sebagaimana yang ia dapatkan di Jepang.

“Saya ingin kembangkan pembelajaran sejarah melalui datang ke situs asli sejarah,  melakukan wawancara dengan masyarakat lokal untuk menggali fakta, memori, dan memahami dampak sosial yang terjadi, serta menuliskan dan mempublikasikan hasil yang didapatkan ke masyarakat,” pungkasnya.  (*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu