UNAIR Pupuk Harapan Siswa-Siswi SMA untuk Lanjutkan Pendidikan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana kunjungan dari SMAN 1 Dawurblandong, Mojokerto (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga masih menjadi tempat kunjungan favorit bagi siswa-siswi yang duduk di bangku SMA. Melalui Pusat Infromasi dan Humas (PIH), Senin (11/4), UNAIR kembali menerima kunjungan dari SMAN 1 Dawurblandong, Mojokerto. Sebanyak 240 murid disertai dengan 15 staf guru pendamping berkunjung untuk menggali informasi seputar dunia kampus. Namun pada acara kunjungan yang diadakan di Aula Kahuripan kampus C UNAIR tersebut,  masih ada beberapa siswa-siswi yang belum memiliki minat untuk melanjutkan pendidikannya setelah lulus dari SMA. Banyak alasan yang mendasari hal tersebut, salah satunya adalah  rasa takut untuk tidak lolos seleksi.

“Banyak murid kami yang ingin masuk UNAIR tapi belum berhasil, sehingga menjadi ketakutan tersendiri bagi anak didik kami,” ujar Erti, salah satu guru pendamping SMAN 1 Dawurblandong.

Erti juga memahami, sebagai guru yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengurusi studi pascasekolah siswa, UNAIR merupakan salah satu kampus favorit yang diidamkan oleh lulusan SMA dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga memungkinkan UNAIR untuk menerima mereka yang memiliki kelengkapan prestasi akademik maupun non-akademik yang baik.

“Kebanyakan, sertifikat yang dimiliki oleh murid kami berupa sertifikat seni, bukan sertifikat sejenis olimpiade, jadi masih kalah dibandingkan murid sekolah lain yang sudah memiliki sertifikat sejenis olimpiade,”tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Rida Yutmani Melinda selaku staf Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR menjelaskan bahwa, UNAIR akan tetap menerapkan sikap adil dalam setiap seleksi calon mahasiswa baru.

“Apapun jenis sertifikatnya akan menjadi perhitungan dalam seleksi calon mahasiswa, karena itu merupakan bukti prestasi yang diraih oleh seorang murid,” ujar Rida.

Rida juga menambahkan bahwa rekam jejak mahasiswa UNAIR dari alumni SMA terkait juga memiliki pengaruh bagi sekolahnya.

“Kalau ada kakak senior yang meneruskan kuliahnya di UNAIR, itu akan ada pengaruhnya bagi sekolahnya dulu, kalau ternyata anaknya baik atau dapat IP tinggi, bisa jadi nilai tambah bagi murid sekolah SMA tersebut,” pungkasnya.

Penulis : Dilan Salsabila
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu