Skripsinya Sempat Ditolak Lima Kali, Esti Putri Jadi Wisudawan Terbaik FISIP

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Esti Putri Anugrah wisudawan terbaik dari prodi S-1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) FISIP Universitas Airlangga. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Maju terus pantang mundur. Setidaknya ungkapan itulah yang melandasi Esti Putri Anugrah ketika mengerjakan penelitian skripsi. Ia mengajukan judul skripsi untuk kali kelima. Akhirnya, skripsi berjudul ”Analisis Wacana tentang Citra Perpustakaan di Kalangan Masyarakat” yang berhasil diterima oleh dosen pembimbingnya, dan akhirnya juga mengantarkannya lulus dengan predikat wisudawan terbaik.

Dara kelahiran Tulungagung 2 Maret 1994   ini berhasil lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,94 dari program studi S-1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR).

“Awalnya, saya nggak yakin mau membahas masalah citra perpustakaan dengan menggunakan metode analisis wacana. Namun dengan modal nekat, saya yakin kalau kita banyak membaca dan belajar, skripsi ini pasti bisa diselesaikan,” katanya.

Menurutnya, informasi yang tersebar di internet tentang perpustakaan cukup sering dikonsumsi kalangan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat harus mempunyai kemampuan literasi media dalam menyerap informasi-informasi yang tersebar di internet. Selain itu, untuk meng-counter citra buruk yang beredar, pihak perpustakaan harus melakukan upaya-upaya untuk memperbaiki citra.

Selama menjalani kuliah, Esti juga menghabiskan waktunya dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan. Ia tercatat sebagai anggota pada Himpunan Mahasiswa IIP, Sie Kerohanian Islam FISIP UNAIR, dan pernah juga menjadi tim editor jurnal Palimpsest pada Departemen IIP FISIP UNAIR.

Selain berorganisasi, ia juga pernah meraih prestasi sebagai juara I pada lomba yang diadakan oleh Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA). Semasa kuliah ia juga pernah bergabung dengan tim penelitian dosen.

“Dalam wawancara untuk penelitian itu saya bertugas mewawancarai informan dari anak-anak sampai dewasa tentang minat baca di masyarakat,” kata Esti. (*)

Penulis : Defrina Sukma S
Editor : Binti Q. Masroroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu