Ratusan Pelari Bertabur Serbuk Fosfor Meriahkan Pembukaan Dekan Cup FKUA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Diantara anak-anak dan remaja sebagai 10 pelari terbaik “Glo Run” menerima bingkisan dari panitia. Mereka berlari dengan bertaburkan serbuk fosfor, gemerlap. (Foto: Sefya Hayu Is)

UNAIR NEWS – Geliat acara “Dekan Cup” Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga tahun 2016 kali ini begitu terasa ketika pembukaannya digelar di halaman kampus, Sabtu (9/4) malam. Pada puncak momen “opening session”, digelar lomba lari sejauh lima kilometer berkeliling ke sejumlah lokasi di dalam Kota Surabaya, dan diikuti seribu orang peserta.

Keruan saja, panitia sempat dilanda panik dan pesimis ketika tiba-tiba hujan turun pada saat-saat pembukaan “Dekan Cup 2016”. Perasaan was-was ini dibenarkan oleh ketua panitia Almer Deta Tarandha. Bagaimana tidak, gelaran di halaman depan FKUA itu sempat terlihat “lesu” akibat sepinya pengunjung. Sebanyak 36 tanent food market lengkap dengan sajian kulinernya hampir saja meragukan keberlangsungan acara ini. Bahkan di panggung, penampilan sejumlah band pun jadi terkesan kurang “greget”.

Namun tampaknya, malam itu euforia ditakdir mengalahkan cuaca. Perlahan pengunjung terus merangsek. Sampai akhirnya acara opening Dekan Cup yang dibuka resmi oleh Wakil Dekan III FKUA Prof. Dr. Ni Made Mertaniasih, dr., MS., Sp.MK, dipadati ratusan pengunjung dari civitas akademika FK dan masyarakat.

Acara semakin “menggila” ketika ratusan pengunjung itu mengikuti “Glow Run, lomba lari sepanjang lima kilometer. Rutenya: dari RSUD Dr. Soetomo, Stasiun Gubeng lama, SMA komplek Surabaya, Grand City, dan kembali di garis finish di FKUA. Serunya, para peserta ini dibekali panitia lampu UV khusus dan panitia membagi-bagikan serbuk fosfor kepada peserta lari.

Dengan antusias, mereka melumuri wajah, tangan, kaki dan pakaian yang mereka kenakan dengan serbuk fosfor. Tentu saja ini menjadi pengalaman tak biasa bagi peserta. Mereka bisa tampil “menyala” di malam hari sambil lari-lari keliling Kota Surabaya.

Usai mencapai garis finish, panitia mengumumkan 10 pelari terbaik dan mendapat bingkisan. Diantaranya adalah anak-anak dan remaja. Sambil menunggu peserta juga dimanja dengan penampilan sejumlah band, seperti ITS Jazz, Amygcapella, Endorphin Band, VD Band, Meddance FK UNAIR, dsb. Pengunjung juga memanjakan lidah dengan kuliner di area food market.

“Dimana-mana rame, tambah malam tambah rame, khususnya area booth foto. Pengunjung rela antre untuk bisa berfoto seru-seruan disana,” kata Almer D.T.

Meriahnya acara tentu menjadi kepuasan tersendiri bagi panitia, walau misi utama kegiatan ini tidak sekedar hingar-bingar kemeriahan. Almer mengatakan, misi perayaan Dekan Cup ini untuk mengakrabkan masyarakat dengan aktivitas olahraga lari yang amat bermanfaat untuk kesehatan.

Ketua Divisi Acara, Rama Perwira Irnanda menambahkan, Dekan Cup adalah acara tahunan FKUA. Tujuannya untuk mempererat persahabatan dan keakraban antar-mahasiswa, dosen, dan civitas FKUA melalui berbagai kegiatan lomba yang mengasah sportifitas.

”Ketika ada banyak peserta dari non-civitas yang  berpartisipasi, tentu acara ini sekaligus menjadi media promosi untuk masyarakat, bahwa FKUA setiap tahun bisa menggelar kegiatan seru seperti ini,” kata Rama.

Dalam rangkaian Dekan Cup selama April-Mei 2016 digelar beberapa pertandingan olahraga, seperti Futsal, Basket, Badminton, Renang, Voli, Tenis Meja, Tenis, Billiard, Catur, dan Tarik Tambang. Lomba yang bukan olahraga juga ada, yaitu lomba fotografi, FK Idol, Band, Amazing Race, Memasak, PES, Game Online (CS+DOTA), Islamic Competition, dan Cerdas Cermat.

Hadiah kepada pemenang lomba akan disampaikan pada penutupan Dekan Cup 2016 yang akan digelar pada 20 Mei 2016. Jika tahun lalu penutupan Dekan Cup dimeriahkan oleh penampilan Tulus Band, tahun ini rangkaian Dekan Cup 2016 akan dimeriahkan oleh penampilan Band NAIF & GAC. (*)

Penulis : Sefya Hayu Istighfaricha
Editor : Bambang Bes.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu