Prodi Ilmu Politik Tingkatkan Kualitas Dosen dan Riset

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Akreditasi Progam Studi Ilmu Politik UNAIR (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Seperti halnya akreditasi yang terlaksana pada beberapa program studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR, Prodi Ilmu politik melihat perlunya peningkatan kapasitas dalam berbagai hal, khususnya prodi itu sendiri. Sebagaimana elemen penting yang terlibat dalam akreditasi pada beberapa minggu lalu (22/3), mahasiswa, dosen, alumni dan pengguna alumni dinilai sangat strategis dalam mengembangkan prodi.

Prodi yang sebelumnya terakreditasi A oleh BAN-PT tersebut menyakini bahwa peningkatan kapasitas dapat dilakukan melalui beberapa program. Drs. Kris Nugroho MA., selaku ketua prodi menjelaskan, dari aspek tenaga pengajar atau dosen, akan dicanangkan peningkatan ke jenjang doktoral (S3) untuk memperluas ilmu dan kualitas pengajar serta mendorong budaya riset bagi para dosen.

“Tidak hanya ilmu yang selama ini dari buku saja, akan tetapi terjun langsung atau riset ke lapangan untuk meninjau seperti apa fenomena yang sedang terjadi itu akan kami kembangkan,” ujarnya.

Kris juga menambahkan bahwa pengembangan riset nantinya akan dilakukan kerjasama dengan lembaga  ataupun institusi terkait yang fokus pada bidang yang sama. Hal tersebut dilakukan tidak lain untuk mendapatkan info terkini  seputar perkembangan isu kontermporer.

“Dosen berbasis riset sangat penting bagi kami, agar ilmu yang diberikan bukan sekedar text-book lagi,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Kaprodi Ilmu Politik tersebut juga menginginkan keikutsertaan dosen dalam seminar profesi keilmuan, baik domestik maupun internasional. Aktif dalam studi pengembangan, dalam Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI). Publikasi jurnal juga tidak kalah penting, akreditasi jurnal akan dan terus menerus ditingkatkan konten dan isinya. Hal ini tentu saja mendorong setiap dosen untuk mampu bersikap professional. (*)

Penulis: Ahalla Tsauro
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu