Guru Miliki Tanggung Jawab Beri Bekal Siswanya Yang Lulus Sekolah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Siswa-siswi SMAN 2 Nganjuk Tengah Mendengarkan Pemaparan Seputar Jalur Masuk di UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Guru, selain memiliki kewajiban mengajar, pahlawan tanpa tanda jasa ini juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan bekal kepada siswa-siswinya seusai lulus sekolah. Hal inilah yang tengah dilakukan oleh guru dari SMAN 2 Nganjuk. Dengan berkunjung ke UNAIR, rombongan dari kota angin yang terdiri dari  95 siswa dan 5 guru pendamping ini ingin menggali informasi mengenai jalur masuk dan kehidupan kampus pada perguruan tinggi bonafit di Jawa Timur ini.

Kunjungan mereka diterima langsung oleh Pusat Informasi dan Humas (PIH), di Aula Student Center, Kampus C UNAIR. Para siswa dan guru mendapatkan materi dan informasi mengenai UNAIR, berbagai program studi yang ditawarkan, sekaligus cara yang dapat ditempuh untuk masuk UNAIR. Materi disampaikan langsung oleh Djoko Adi Prasetyo, drs., M.Si, dari Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR, serta Dr. Eduardus Bimo Aksono H, drh., Mkes, selaku sekretaris PIH UNAIR.

“Setiap tahun kami kunjungan ke sini. Biar tahu kampus UNAIR. Saya berharap anak-anak bisa lebih mengetahui wawasan yang dalam tentang SNMPTN, khususnya untuk masuk ke UNAIR. Sehingga anak-anak tidak bingung memilih universitas serta program studi,” ujar Drs. W. D. Ari Widjanarko, M.Pd, pendamping dari SMAN 2 Nganjuk.

Dengan diadakannya kunjungan ini, Bambang Pranoto selaku pendamping yang lain berharap kunjungan ini dapat memotivasi para siswa untuk melanjutkan studi di UNAIR. Menurutnya, 2 tahun yang lalu sebanyak 39 siswa didiknya berhasil melanjutkan studi di UNAIR. Dengan diadakan kunjungan ini Bambang berharap jumlah anak didiknya yang diterima semakin banyak lagi.

Selain itu, dengan kunjungan ini Bambang berharap kerjasama antara UNAIR dengan SMAN 2 Nganjuk semakin erat.

“Selain untuk memotivasi, harapannya kami dapat menjalin kerjasama mengenai kemungkinan pembinaan mengenai olimpiade,” kata Bambang.

Ari Samudra Pribadi selaku ketua OSIS SMAN 2 Nganjuk yang mengikuti kunjungan, memiliki harapan untuk bisa diterima di UNAIR.

“Saya ingin masuk UNAIR, mengambil program studi Manajemen. Saya ingin menjadi orang yang sukses di bidang manajemen,” tutur siswa yang beberapa kali mengikuti lomba bidang Manajemen.

SMAN 2 Nganjuk merupakan salah satu SMA favorit di Nganjuk. Maka tak heran, banyak dari siswa-siswinya yang kerap menjuarai lomba yang diadakan berbagai perguruan Tinggi, baik di tingkat Jawa Timur maupun nasional. Tahun ini pula, SMAN 2 Nganjuk juga telah melaksakana ujian nasional berbasis komputer atau yang biasa disebut computer based test.

“Saya ingin mengambil D3 Perpajakan, karena saya tertarik dengan ilmu pajak. Saya memiliki cita-cita ingin bekerja yang ada hubungannya dengan perpajakan,” kata Wilia Widianti, salah satu murid berpretasi SMAN 2 Nganjuk.

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu