Pelaksanaan donor darah dalam rangka HUT Perpustakaan Universitas Airlangga ke-61 (Foto: UNAIR NEWS)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Bulan April ini, Perpustakaan Universitas Airlangga (PUA) genap berusia 61 tahun. Untuk merayakan itu, PUA menggelar beragam acara yang akan dilangsungkan mulai April hingga Mei mendatang. Pada Jumat (1/4) lalu, PUA membagikan cokelat gratis kepada peminjam buku paling awal di PUA kampus B. Acara serupa juga dilakukan di PUA kampus A dan C pada Rabu (5/4). Pemberian cokelat ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada kepada para mahasiswa yang senang menggunakan fasilitas yang diberikan perpustakaan.

Selanjutnya PUA menggelar donor darah yang berpusat di PUA kampus B, Selasa (5/4). Donor darah yang bekerjasama dengan PMI cabang Surabaya ini membuka sebanyak 75 orang yang ingin mendonorkan darahnya. Selain diikuti oleh mahasiswa UNAIR, karyawan, dan dosen, kegiatan sosial tersebut juga diikuti oleh beberapa pensiunan PUA.

Ruang Baca Satria Airlangga

Masih dalam rangka HUT PUA ke 61, pada pertengahan April nanti, akan diresmikan fasilitas baru “Satria Airlangga”. “Satria Airlangga” merupakan ruang baca yang menyediakan buku-buku khusus karya civitas UNAIR. Pada peresmian ini nanti akan diadakan meet and great dengan kepala perpustakaan dan 3 peminjam buku terbanyak dalam satu tahun. Ruang baca khusus ini sedang dalam penyelesaian desain, tepatnya berada di lt 2 perpustakaan UNAIR kampus B.

“Peresmian “Satria Airlangga” ini nanti semoga bisa menginspirasi para dosen yang punya buku supaya diserahkan ke “Satria Airlangga”,” ujar Agung K. Kristiawan, pustakawan di PUA.

Pada peresmian “Satria Airlangga”, nantinya juga akan diselenggarakan bedah buku dari salah satu dosen di lingkungan UNAIR. Selain itu, pada 29 Apil nanti akan diadakan talkshow ecopreneurship. Talkshow ini dimaksudkan untuk menginspirasi anak-anak muda menjadi wirausahawan dalam bidang lingkungan. Tepat sehari setelahnya, diadakan karyawisata ke Kelurahan Jambangan.

“Jambangan sebagai kampung green and clean terbaik se-Indonesia. Kita belajar dari sana, menjadi entrepreneur di bank sampah, belajar tentang daur ulang dan memanfaatkan urban framing,” ujar Agung.

Puncaknya, pada 8 Mei nanti akan diadakan seminar, kemudian disusul dengan bazzar dan jambore buku. Ada sekitar 80-100 tenant yang akan digelar di depan perpustakaan kampus B.

“Dengan diadakannya jambore buku harapannya supaya buku-buku dapat terjangkau untuk mahasiswa. Selain itu agar anak-anak muda juga kreatif untuk mengisi stan-stan nanti. Dengan diadakan seluruh rangkaian kegiatan HUT PUA, supaya mahasiswa lebih banyak yang tertarik untuk mengunjungi perpus,” kata Agung. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh
Editor    : Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone