Program DIHALALI Bantu Ibu Miliki Tubuh Ideal Pasca Melahirkan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana penyuluhan DIHALALI yang dilakukan Kelompok mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Kelompok mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) ini patut diacungi jempol. Ide brilian mereka diajukan ke Ditjen Dikti dan disetujui untuk mendapat dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Lima anak muda itu antara lain Bian Shabri Putri Irwanto, Dion Azzuri, Nikta Bella Anastasia, dan Yusnita Nur Fadhilah dari jurusan Ilmu Kesahatan Masyarakat 2015. Juga, Chandramanda Dewi Damar dari jurusan Ilmu Gizi 2015.

“Kami membuat sebuah program edukasi yang bernama DIHALALI,” kata Bian saat ditanya mengenai gagasan kelompoknya.

DIHALALI adalah kependekan dari Diet Sehat Pasca Melahirkan. Tujuannya, membentuk tubuh ideal dan sehat setelah persalinan. Menu diet disesuaikan dengan berat badan, tensi darah, riwayat penyakit, dan status kebutuhan tubuh lainnya. Jadi, mungkin saja antara ibu yang satu dan ibu yang lain akan beda menunya.

DIHALALI merupakan kegiatan penyuluhan dan edukasi. Sasarannya, masyarakat di Kecamatan Mulyorejo Surabaya. Meski demikian, para penggagas berharap, Ibu-Ibu yang sudah mendapat informasi tentang ini, dapat melakukan gethok tular atau menyampaikannya pada siapapun. Khususnya, pada generasi penerus atau calon Ibu di sekitar. Sehingga, manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas.

“Kami pun memberi informasi tentang pentingnya ASI eksklusif serta tips menjaga agar kondisi Ibu dan bayi tetap sehat,” ungkap dia.

Kegiatan Bian dan kawan-kawan sudah dilakukan sejak Maret lalu. Mereka sudah mulai meninjau lokasi penyuluhan. Tentu saja, dicari tempat yang strategis dan dapat dijangkau dengan mudah oleh penduduk. Penyuluhan dan edukasi juga sudah mulai dilakukan. Rencananya, berakhir pada Juni mendatang.

Yang menarik, dalam tiap kegiatan di masyarakat, tim UNAIR membagikan menu gratis pada para Ibu. Sebagai contoh menu sehat yang ditawarkan dalam program DIHALALI.

Selain itu, disampaikan pula sejumlah aktifitas produktif untuk para Ibu yang baru melahirkan. Misalnya, senam yoga, membuat kerajinan, menanam sayur, dan memasak menu sehat untuk keluarga. (*)

Penulis: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu