Peringatan Sewindu Formara, Gelar “Goes to School” ke 70 SMA se-Madura

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SEBAGIAN anggota Formara dalam aksi “Goes To School” di SMAN 2 Bangkalan. (Foto: Dok Panitia)

UNAIR NEWS – Organisasi Forum Mahasiswa Universitas Airlangga asal Madura atau Formara dideklarasikan pada 25 Januari 2008. Meski sudah berumur delapan tahun, namun baru empat tahun terakhir ini Dies Natalis Formara diperingati dengan berbagai kegiatan di empat daerah berbeda di “Pulau garam”. Terbaru, dalam peringatan Sewindu Formara 2016 ini puncaknya diperingati di Kabupaten Sampang.

Ketua Formara, Muhammad Fahmi Abdilah, ketika bertandang ke UNAIR NEWS, Senin (4/4) mengatakan dalam Dies Natalis Formara tahun 2016 adalah serangkaian kegiatan. Yaitu Formara Goes to School (serentak semadura), Try out SBMPTN (serentak se Madura), Abdi Desa (Kabupaten Bangkalan), Formara Menginspirasi (Kabupaten Pamekasan), Formara Expo dan Malem Puncak Dies Natalis Formara Unair 2016 (Kabupaten Sampang).

”Alhamdulillah empat tahun terakhir ini kami mampu menyukseskan serangkaian Dies Natalis Formara dengan sangat meriah,” kata Fahmi, mahasiswa Fakultas Hukum UNAIR angkatan 2013.

Atikah Syafik, pengurus Humas Formara, dalam press release-nya menerangkan, Dies Natalis Formara 2016 ini diketuai Muhammad Fadhilah Budipradika (FISIP 2013) dan melaksanakan berbagai kegiatan yang puncaknya digelar di Sampang. Kegiatan itu antara lain “Goes to School”, pengabdian masyarakat tentang kesehatan, dan pentas hiburan.

Diawali dengan ”Formara Goes to School”, 18 Januari lalu, serentak di empat kabupaten di Madura. Dalam aksi ini anggota Formara berbagi tugas untuk mendatangi 70 SMA se-Madura, baik SMA yang ada di kota kabupaten, yang berlatar pondok pesantren, dan yang berada di pelosok pedesaan.

Usaha ini ditempuh sebagai upaya keras Formara untuk memotivasi mereka. Sebab masih banyak diantara mereka yang kurang peduli terhadap kelanjutan pendidikannya ke perguruan tinggi. Sebanyak mungkin pengalaman anggota Formara dicurahkan untuk mengubah mindset ketidakpedulian mereka terhadap kelanjutan studinya.
”Kami memberi arahan untuk berpikir kedepan bahwa betapa pentingnya meraih pendidikan setinggi mungkin, agar kelak bisa memajukan pesantren, memajukan dan mensejahterakan masyarakat di desanya, dan sebagainya,” kata Atikah, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional FISIP UNAIR tahun2014 ini.

Selain itu juga disosialisasikan kepada siswa kelas XII seputar dunia kampus, terutama UNAIR. Materinya antara lain berbagai jalur yang bisa dilalui siswa untuk melanjutkan studinya, termasuk beasiswa yang ada dan cara meraihnya. Sehingga sebagai senior, tim Formara memberikan motivasi kepada siswa kelas XII tentang wahana pendidikan di perguruan tinggi. Tak ketinggalan juga memberikan semangat kepada siswa yang akan menghadapi UNAS ini.

Problem siswa-siswi itu rata-rata masalah ekonomi. Sehingga tim Formara menjelaskan beragam cara dan fasilitas pendidikan, misalnya beasiswa Bidikmisi dan cara meraihnya agar bisa kuliah secara gratis. Alternatif lain bekerja paruh waktu, berbisnis atau wiraswasta, juga bisa sebagai cara mengatasi keterbatasan biaya itu.

Dalam “Formara Goes to School” juga diadakan Tryout SBMPTN secara serentak pada 31 Januari, diikuti 1.200 siswa-siswi kelas XII SMA. Disini dilakukan pembahasan pola soal-soal SBMPTN agar siswa juga siap menghadapi UNAS dan dapat mengukur kemampuan masing-masing. Para siswa juga dilatih tentang ketenangan dan kejujuran dalam mengerjakan soal-soal test/ujian. (*)

Penulis : Humas Formara.
Editor : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu