OPHI dan HAM RI Ajak Mahasiswa Diskusikan Kasus Montara

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa Tengah Mengikuti Kuliah Umum Tentang Kasus Montara (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Airlangga Institut of International Law Studies (AIILS), bekerja sama dengan Tim Otoritas Pusat Hukum Internasional (OPHI) Kementrian Hukum (Kemenhum) dan HAM RI, untuk mengadakan kuliah umum hukum laut. Melalui Pusat Studi Hukum Kemaritiman dan Kelautan (MAROCLAW), kuliah ini secara mendalam membahas tema Penegakan dan Penerapan Hukum dalam Kasus Pencemaran Laut akibat Eksplorasi dan Eksploitasi Minyak Lepas Pantai.

“Tim OPHI kali ini hadir membantu dan berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup, kami membantu dari sisi hukum,” ujar Rachmadi, Kasubdit Hukum Internasional OPHI.

Dalam pertemuan di Aula Pancasila FH UNAIR, Tim OPHI Kemenhum hadir untuk menyaring masukan dan informasi dari aktivis, akademisi, dan LSM untuk bersama-sama membahasa kasus Montara tersebut. Hasil dari tinjauan Kasus yang melibatkan Indonesia dan Australia tersebut akan dibahas dalam dalam sidang komite hukum ke 103 pada Juni 2016, nanti.

Kasus ini memiliki kendala dalam memberikan bukti kasus terkait. Kerusakan yang terkait sumberdaya bawah laut tidak bisa dibenarkan dengan menghadirkan bukti kerusakanya saja, tanpa menunjukkan pencemaran minyak lepas pantai secara langsung.

“Pencemaran laut oleh minyak yang ada di perairan Indonesia-Australia, terkendala oleh pembuktian pencemaran itu sendiri. Lantaran minyak yang ada diatas laut sudah menguap dan menghilang, hanya menyisakan kerusakan di dalam laut,” jelas Rahayu Lestari,  Analis Permasalahan Hukum Internasional.

Kuliah Kasus Montara ini nantinya akan menjadi bahan untuk dirapatkan bersama kementrian dan organisasi penting terkait, seperti International Maritime Organization (IMO) Kementrian Luar Negeri, Kementrian Hubungan Laut, Kementrian Lingkungan Hidup dan masih banyak lagi untuk membuat draft guidance.(*)

Penulis : M. Ahalla Tsauro
Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu