Mahasiswa Banjiri Lomba MTQ UNAIR 2016

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa Pada Cabang Lomba Seni Kaligrafi (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Jumlah peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) UNAIR 2016 meningkat dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu hanya diikuti peserta yang kurang dari 200 mahasiswa, lomba yang digelar pada Sabtu (2/4), diikuti oleh 324 mahasiswa UNAIR. Antusias mahasiswa yang turut serta pada lomba tersebut  tidak lain dimotori oleh tim kreatif dari Kafilah (delegasi, -red) MTQ UNAIR dan UKM Seni Religi. Publikasi yang intens melalui berbagai media sosial hingga technical meeting menjadi faktor pendukung ramainya kegiatan ini.

“Data ini menunjukkan antusias mahasiswa pada perlombaan keilmuan Islam dan alquran yang ada di MTQ, semoga syiar alquran di UNAIR ini tetap terjaga,” ujar Afri Andiarto selaku pembina MTQ UNAIR.

Perlombaan MTQ sendiri didasari oleh dua agenda penting yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, yakni MTQ Regional Jawa Timur dan MTQ Nasional. Adapun jumlah peserta sesuai cabang lomba yang diikuti meliputi Karya Tulis Ilmiah Alquran 8 tim, Tilawatil Quran 20 peserta, Tartilil Quran 76, Kaligrafi (Khottil Quran) 23 peserta, Fahmil Quran 68 peserta, Hifdzil Quran 1 Juz 40 peserta, Hifdzil Quran 5 juz 7 peserta, Syarah Alquran 18 peserta, Sari Tilawah 33 peserta, Debat Bahasa Inggris Kandungan Isi Alquran 5 tim, Debat Bahasa Arab, Kandungan Isi Alquran 10 peserta, dan desain aplikasi Alquran 3 peserta. Diantara perlombaan tersebut, terdapat pula 19 peserta yang mengikuti lebih dari 1 cabang lomba.

“Tidak menutup kemungkinan, kedepan kafilah UNAIR lebih baik dan berkualitas. Dibidang tilawah saja, banyak peserta yang punya potensi luar biasa, tinggal dipoles dan dibina sebaik mungkin,” Ujar KH. Abdul Wahhab Hussein, salah juri sekaligus pembina kafilah MTQ.

Prestasi yang didapat oleh kafilah  UNAIR pada ajang MTQ Nasional ke XIV di Universitas Indonesia Agustus lalu, menjadi pelecut masifnya keikutsertaan peserta dan yang mendorong kafilah UNAIR untuk memperoleh prestasi yang lebih baik lagi nantinya.

Penulis : M. Ahalla Tsauro
Editor    : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu