Kunjungan ke Kampus Jadi Program Tahunan Sekolah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para Pemateri Saat Memberikan Penjelesan di Hadapan Siswa-siswa SMA di Aula Garuda Mukti UNAIR (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Kunjungan rutin ke perguruan tinggi terkemuka di Indonesia merupakan salah satu cara untuk mengenalkan atmosfer akademis kampus kepada para pelajar selaku calon mahasiswa. Berkaitan dengan hal itu, biasanya setiap sekolah menengah atas atau sederajat memiliki program rutin berupa kunjungan ke kampus-kampus.

Pada Selasa (5/4), sebanyak dua sekolah menengah atas yang bertandang ke Universitas Airlangga. Seperti biasa, para pelajar dan guru perwakilan diterima oleh staf Pusat Informasi dan Humas UNAIR. Jumlah masing-masing peserta yang berkunjung ke UNAIR terdiri dari 36 pelajar dan guru SMA Islam Athirah, Makassar, dan 291 siswa SMAN I Pacet, Mojokerto.

Salah satu guru perwakilan dari SMA Islam Athirah Bahar Mattaliu, S.E., M.Si., bercerita bahwa dirinya sudah mengantarkan pelajar di sekolahnya untuk mengunjungi UNAIR sebanyak dua kali dalam rentang waktu enam bulan terakhir.

“Jadi, bulan Desember kemarin kami sudah ke sini dengan siswa kelas XII. Karena ada pergantian program untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang, kami akan datang kemari dengan siswa kelas XI,” tutur Bahar.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan itu menambahkan bahwa agenda kunjungan rutin ke perguruan tinggi sudah disampaikan kepada setiap wali murid di sekolahnya. Sehingga, setiap orang tua atau kerabat keluarga bisa mempersiapkan agenda keberangkatan muridnya sejak awal.

“Pada saat penerimaan siswa baru, sekolah sudah menginformasikan bahwa ada kegiatan ini. Biar mereka (wali murid) bisa menabung untuk mempersiapkan agenda ini,” imbuh Bahar.

Senada dengan Bahar, guru perwakilan SMAN I Pacet Kasiono, S.Pd., M.Pd, menuturkan bahwa kunjungan ke kampus-kampus merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di sekolahnya. “Tiap tahunnya, kami sengaja mengajak anak didik yang masih kelas X. Hal ini bertujuan agar mereka mengetahui informasi seputar kampus sejak awal,” pungkas Kasiono. (*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu