Konsisten dan Tanggung Jawab, Resep Ike Novalina Jadi Wisudawan Terbaik S2 FST

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ike Novalina (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dengan tesis berjudul “Produksi Enzim Selulase dari Limbah Tongkol Jagung oleh Penicillium sp. H9 dengan Metode Fermentasi dalam Medium Cair dan Padat” dan lulus dengan IPK nyaris sempurna, 3,98, Ike Novalina dinobatkan sebagai wisudawan terbaik S2 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga pada wisuda bulan Maret 2016 lalu.

”Sebenarnya saya tidak menyangka bahwa akan menjadi wisudawan terbaik, karena saya tahu bahwa teman-teman yang lain di program S2 memiliki prestasi yang baik dibidangnya. Semoga dengan penghargaan ini dapat memotivasi saya dan teman-teman semakin semangat untuk memperdalam ilmu kami,” ujar Ike Novalina merendah.

Ike boleh dibilang sebagai orang yang memiliki jiwa kuat sebagai peneliti. Hal itu nampak dari konsistensinya ketika memilih topik untuk tesisnya. Topik penelitian dalam tesisnya tentang konversi biomassa oleh mikroba memiliki keterkaitan dengan penelitian skripsinya dulu ketika menempuh studi S1 Biologi di FST UNAIR.

Dalam tesisnya, Ike meneliti bagaimana biomassa pertanian dapat dikonversi oleh mikroba menjadi produk yang bermanfaat. Produk dimaksud adalah enzim selulase. Mikroba yang digunakan sendiri merupakan mikroba isolat lokal hasil isolasi teman-temannya di Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) P3L Taman Nasional Alas Purwo.

Terkait dinobatkannya ia sebagai wisudawan terbaik, Ike mengaku tidak memiliki resep khusus. Namun, katanya, motivasi untuk terus belajar merupakan suatu hal yang selalu dicoba untuk dimilikinya.

“Sebenarnya tidak ada trik khusus untuk menjadi wisudawan terbaik. Hanya do what you love and love what you do, selain itu juga menyadari tanggungjawab kita sebagai mahasiswa,” pungkasnya. (*)

Penulis : Disih Sugianti
Editor  : Yeano D. Handika

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu