Luar Jawa Butuh Banyak Dokter Hewan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Jajaran Dekanat FKH UNAIR Bersama dengan Dokter Hewan Baru Setelah Dilantik di Aula Garuda Mukti (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Timur I, Prof. Dr. Suwarno, drh., M.Si. yang hadir pada pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan baru (31/3), mengatakan bahwa para lulusan yang telah menyelesaikan studi profesi ini bakal semakin meramaikan dunia kedokteran hewan, namun baginya Indonesia masih sangat butuh banyak tenaga dokter hewan, terlebih bagi daerah-daerah di luar Jawa.

“Semakin hari ternak semakin banyak, penyakit manusia yang disebabkan melalui hewan juga terus berkembang, dan Indonesia sangat kurang tenaga dokter hewan, maka penting untuk kalian bisa mengabdi ke berbagai daerah di Indonesia, jangan hanya di Jawa,” ujarnya.

ketua PDHI yang merupakan wakil dekan III FKH UNAIR tersebut juga menambahkan, bahwa di tengah arus Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah dibuka ini, ia mengungkapkan pemerintah dan jajaran terkait dunia kedokteran hewan terus berupaya untuk mengontrol laju tenaga asing.

“Untuk mengatasi permasalahan tenaga dokter hewan di Indonesia, kami sudah berupaya mengontrol tenaga dari asing, salah satunya memberikan syarat harus bisa berbahasa Indonesia, makanya kalian yang di sini harus mampu untuk terus mengasah kemampuan dan pengetahuan,” imbuhnya.

Senada dengan Prof. Suwarno, Ir. M. Gazali Umar, S.IP., MM., yang juga mewakili keluarga lulusan, mengaku bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari UNAIR. Sebagai Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Berau Kalimantan Timur, ia mengaku puas dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan di FKH UNAIR. Dihadapan para lulusan yang salah satunya merupakan putranya sendiri, ia berharap bahwa para dokter hewan yang baru ini mau mengabdikan dirinya ke daerah-daerah yang sangat membutuhkan tenaga dokter hewan.

“Hari ini kalian berpakaian rapi, mengenakan jas dan batik, besok anda harus bersiap untuk turun ke lapangan, untuk pengabdian, di tempat saya kerja, Berau Kalimantan Timur masih sangat butuh tenaga-tenaga kalian, silahkan abdikan diri kalian ke luar Jawa,” pungkasnya. (*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Dilan Salsabila

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu