Sumpah Profesi Bukan Sekadar Ucapan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sumpah Profesi Bukan Sekadar Ucapan. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Sebanyak 84 dokter hewan baru dilantik dan diambil sumpahnya oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga, pada Kamis (31/3). Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan yang dihadiri oleh jajaran pimpinan UNAIR dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia cabang Jawa Timur I.

Dekan FKH UNAIR Prof. Dr. Pudji Srianto, M.Kes., Ph.D., pada kesempatan pertamanya dalam melantik dokter hewan baru tersebut menuturkan, bahwa dari 84 lulusan, 17 diantaranya merupakan penerima bantuan pendidikan Bidikmisi dengan lima orang meraih predikat cumlade. mantan ketua Ikatan Alumni (IKA) FKH UNAIR tersebut juga menyampaikan bahwa sumpah yang diambil ini merupakan bentuk bukti agar ketenangan batin dalam melaksanakan tugas sebagai dokter hewan.

“Dalam waktu singkat kalian harus bisa mengamalkan ilmu kalian, tanggung jawab sebagai dokter hewan ini harus benar-benar mampu dilaksanakan dengan baik dan melaksanakan sumpah yang baru saja diucapkan,” jelas Prof. Pudji dalam sambutannya.

Wakil Rektor III UNAIR selaku Prof. Mochammad Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D., turut memberikan sambutan dalam prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan ke-156 bahwa tantangan ke depan yang akan dihadapi para dokter hewan baru akan semakin besar.

“Sumpah itu janji penting, jadikanlah pegangan yang dengan itulah kalian bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR.

Sunaryo Hadi Warsito., drh., MP., selaku ketua pantia memberikan sambutan, bahwa menjadi dokter hewan tidaklah selalu harus menunggu adanya lapangan pekerjaan, bahkan ia menyarankan agar para lulusan ke depannya bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

“Dunia kalian ini dekat dengan rezeki, lihatlah mulai dari kotoran, bulu, susu, daging semua jadi ladang rezeki, makanya saya akan lebih bangga kalau melihat kalian bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, buatlah piring untuk orang lain itu lebih baik dari pada berebut piring dengan orang lain,” ujarnya.

Salah satu dokter hewan yang turut dilantik, drh. Andri Setiawan, turut memberikan kesempatan. Andri menuturkan tentang pentingnya kesiapan dokter hewan dalam memasuki dunia pekerjaan. Guna menyongsong era Masyarakat Ekonomi ASEAN, ia mengatakan agar para dokter hewan baru mampu memecahkan permasalahan di masyarakat.

“Mari kita wujudkan kesehatan masyarakat melalui upaya kita untuk menjaga kesehatan hewan,” ujarnya yang dibarengi jargon andalan FKH UNAIR, “Viva Veteriner!”.

Selamat untuk dokter hewan baru!

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu