Pentingnya Mengantisipasi Datangnya Bencana

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Guru Besar Anestesiologi dan Reanimasi FK UNAIR Prof. Dr. R. Eddy Rahardjo, dr., SpAnK.IC (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Dalam seminar penanganan bencana ‘Disaster Management Intra and Extra Hospital’ yang dilangsungkan di Hall Lantai 8 Rumah Sakit UNAIR, Senin (29/3), Guru Besar Anestesiologi dan Reanimasi FK UNAIR Prof. Dr. R. Eddy Rahardjo, dr., SpAnK.IC menyoroti pentingnya persiapan dalam menghadapi bencana yang datangnya sewaktu-waktu.

Bencana yang terjadi di luar prediksi manusia seringkali begitu merepotkan sehingga persiapan yang matang terkait penanganan korban bencana seperti fasilitas hingga tenaga medis menjadi satu hal yang sangat diperlukan.

“Pegawai rumah sakit yang sebelumnya tidak memiliki kemampuan dalam proses penanggulangan, harus diberikan pengetahuan tentang hal tersebut ” ujar Prof. Eddy. Selain pegawai rumah sakit, menurutnya keluarga pasien juga dapat turut andil membantu tim medis dengan memperhatikan kondisi pasien. Hal tersebut, menurutnya dapat menjadikan penanganan terhadap pasien menjadi lebih efisien.

Profesor yang juga aktif di Airlangga University Crisis Centre ini juga menyayangkan adanya rumah sakit yang tidak memiliki persiapan fasilitas yang memadai.

“Pasien rumah sakit tidak layak tidur di tempat yang lebih rendah, di tandu misalnya,” tandasnya. Menurutnya, hal tersebut akan mempersulit tim medis untuk menangani pasien di rumah sakit.

“Sudah pasiennya banyak, sedangkan tempatnya agak rendah, tim medisnya yang kerepotan” tambahnya.

Di akhir pemaparannya, Profesor Eddy juga mengingatkan kepada para petugas medis bahwa proteksi diri terhadap paparan infeksi ataupun bahan kimia juga diperlukan agar penanganan dapat terkendali.

“Menolong korban dalam keadaan kritis memang sangat penting, namun bukan berarti lupa dengan keadaan kita sendiri,” pungkasnya. (*)

Penulis : Dilan Salsabila
Editor : Yeano Andhika

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu