Help Center UNAIR Gaet Ormawa Jadi Relawan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi UNAIR NEWS

UNAIR NEWS Barangkali tak banyak sivitas akademika yang mengetahui keberadaan lembaga di Universitas Airlangga yang secara khusus mendengar dan merespon keluh kesah mahasiswa. Permasalahan itu didengar dan direspon oleh para ‘ahli’ di bidangnya. Mahasiswa tak perlu khawatir terhadap rahasia permasalahan yang dihadapinya. Sebab, kerahasiaan masalah akan dijamin oleh para punggawa Help Center UNAIR.

Untuk menggaet animo lebih banyak dari mahasiswa, para punggawa Help Center UNAIR mengadakan sosialisasi sekaligus promosi keberadaan lembaga yang secara resmi berdiri tahun 2014. Pada sosialisasi kali ini, para punggawa Help Center UNAIR mengajak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) UNAIR, dan organisasi mahasiswa di tingkat fakultas untuk menjadi relawan. Sosialisasi itu dilakukan di Aula Student Center Kampus C UNAIR pada Senin (28/3), dan dihadiri oleh Wakil Rektor I UNAIR Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD., K-GH, FINASIM.

“Kalau bisa, sebelum kasus berjalan lebih jauh dan lebih lanjut, tim Help Center UNAIR sudah bisa membantu mengatasi permasalahan mahasiswa,” ujar Prof. Djoko dalam sambutannya.

Ketua Help Center UNAIR Dra. Myrtati Dyah Artaria, MA., Ph,D, menuturkan bahwa keterlibatan ormawa bertujuan agar lembaga ini bisa dikenal lebih dekat dengan mahasiswa.

“Jadi, kami mengundang rekan-rekan BEM dan BLM UNAIR agar Help Center ini bisa lebih diketahui di kalangan mahasiswa. Kami juga mengajak kalian yang hadir ini untuk turut serta bergabung menjadi volunter. Kalian kan yang lebih dekat dengan mahasiswa. Kami berharap dengan bergabungnya kawan-kawan dari BEM dan BLM UNAIR bisa membuat Help Center lebih dekat dengan mahasiswa,” ujarnya.

Dra. Liestianingsih Dwi Dayanti, M.Si., selaku tim Help Center UNAIR memberikan paparan mengenai beragam problem yang terkadang dihadapi mahasiswa. Ia mencontohkan banyak kasus baik antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen yang terkadang korban takut untuk melaporkan.

“Jangan takut melapor jika ada pelanggaran yang dilakukan dosen atau rekan mahasiswa. Segera laporkan! Jika ada bukti sms silahkan disimpan, kami akan siap menjaga rahasia pengadu,” ujar Lies selaku pengajar pada Departemen Komunikasi FISIP UNAIR.

Bagaimana cara mendapatkan bantuan dari tim Help Center UNAIR? Tim Help Center UNAIR bisa dihubungi via Fanpage ‘Airlangga Helpcentre’; Twitter (at)helpcenter_ua; dan E-mail di helpcenter.airlangga@gmail.com. Apabila permasalahan dirasa lebih pelik, mahasiswa bisa mendatangi klinikk psikologi Rumah Sakit UNAIR sebagaimana yang disampaikan oleh Dr. Dewi Retno Suminar, M.Si selaku tim Help Center.

“Kami juga sediakan klinik psikologi di Rumah Sakit UNAIR, tepatnya di sayap sebelah timur lantrai dua, kami tarus di RS agar mahasiswa yang ingin konsultasi bisa lebih nyaman,” pungkas Dewi yang juga Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UNAIR.

Help Center UNAIR awalnya didirikan pada tahun 2000 sebagai media konsultasi dan pendampingan sivitas akademika FISIP UNAIR. Karenan dirasa perlu untuk diperluas ke tingkat universitas, maka pada tahun 2014, Help Center UNAIR resmi didirikan oleh Wakil Rektor I UNAIR 2010-2015. (*)

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Defrina Sukma Satiti

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu