PPKK UNAIR Ajak Mahasiswa Jadi Wirausahawan Muda

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Bisnis Media Online iStockphoto

UNAIR NEWS – Memilih berkarir sebagai wirausaha daripada menjadi pegawai adalah salah satu alternatif bagi mahasiswa usai menyelesaikan studi. Namun, menjadi wirausaha dengan bisnis yang mapan tentu bukan hal yang mudah. Universitas Airlangga melalui Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) tak berhenti dalam mencetak wirausaha muda yang berkelanjutan.

Salah satu program unggulan yang dimiliki PPKK UNAIR dalam mencetak wirausahawan muda adalah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). PMW adalah sebuah program kewirausahaan yang bisa diikuti oleh mahasiswa UNAIR jenjang D-3 dan S-1 yang telah memiliki bisnis selama minimal satu tahun.

Program ini bertujuan untuk menanamkan mindset wirausaha, membentuk karakter tangguh, memberikan bekal softskill berwirausaha, serta menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran berwirausaha kepada para mahasiswa.

Dalam program ini, mahasiswa (baik perseorangan maupun tim) wajib menyerahkan proposal perencanaan bisnis. Bagi proposal bisnis yang berhasil lolos seleksi, PPKK UNAIR akan memberikan dana usaha, sebesar maksimal Rp5 juta jika yang mengajukan perseorangan, dan maksimal Rp10 juta jika diajukan oleh tim.

Dr. Tri Siwi Agustina, S.E., M.Si, selaku Pembina WEBS (Workshop Entrepreneur Business Society) mengatakan, tahun 2016 ini PPKK akan mengucurkan dana untuk 50 pemenang.

“Jumlah 50 pemenang itu bukan angka pasti. Jumlah itu bisa bertambah apabila banyak proposal yang layak untuk menerima dana,” tutur Siwi.

Apa saja kriteria penentuan seseorang/tim bisa memperoleh dana dari PMW?

Setiap proposal yang diajukan oleh perseorangan maupun tim akan dipresentasikan di hadapan pihak PPKK UNAIR dan praktisi bisnis. Selain itu, proposal bisnis yang dikerjakan tidak bergerak di bidang money game, multilevel marketing (MLM) dan sejenisnya, serta mengandung unsur inovasi atau kreasi yang tidak mudah basi.

Apa keuntungan lainnya dalam mengikuti PMW?

Bagi mereka yang lolos, PPKK UNAIR akan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada peserta. Para praktisi bisnis turut serta melakukan pemantauan terhadap kemajuan pelaksanaan rencana bisnis yang telah peserta ajukan.

”Dalam jangka waktu sepuluh bulan akan ada pameran sebanyak dua kali dari progres mereka. Pada periode akhir, rencananya, pameran tahun ini akan dilaksanakan di SUTOS,” ujar staf pengajar Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR.

Ayo, tunggu apa lagi? Segera kirimkan proposal bisnismu. Pengumpulan proposal bisnis ditunggu sampai 15 April 2016 lho! (*)

Penulis: Defrina Sukma S.
Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu