Tidak Ada Kuota Daerah Untuk Masuk UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Staf PPMB Djoko Adi Prasetyo sedang menjelaskan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di UNAIR kepada siswa dan guru SMA Al Irsyad Kota Tegal, Rabu (23/3) (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Siswa SMA dari seluruh penjuru tanah air diberikan kesempatan untuk diterima menjadi mahasiswa UNAIR. Tidak ada pemberlakuan kuota daerah dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh UNAIR. Hal tersebut diungkapkan oleh staf Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Djoko Adi Prasetyo ketika menerima kunjungan siswa dan guru SMA Al Irsyad, Kota Tegal, Rabu (23/3).

“UNAIR tidak memberlakukan kuota daerah. Hak untuk masuk UNAIR sama saja,” ujarnya. Jika selama ini UNAIR banyak menerima mahasiswa dari Jawa Timur, lanjut Djoko, hal tersebut tidak lain karena memang mereka yang berasal dari Jawa Timur lah yang selama ini paling banyak mendaftar di UNAIR.

Dosen Departemen Antropologi tersebut meminta mereka yang berasal dari luar Jawa Timur dan berkeinginan mendaftar di UNAIR untuk tidak khawatir mengenai hal tersebut. Ia meminta para siswa SMA untuk fokus meningkatkan nilai dan meraih prestasi unggulan sebagai bekal masuk UNAIR ke depannya.

Dalam kesempatan tersebut Djoko juga mengimbau mereka yang ingin masuk UNAIR untuk tidak khawatir mengenai masalah biaya pendidikan di UNAIR karena biaya pendidikan yang ditarik UNAIR disesuaikan dengan penghasilan orang tua masing-masing. Bagi mereka yang kurang mampu dari segi ekonomi, selama ini UNAIR juga telah banyak menerima mahasiswa dari jalur Bidik Misi yang sepenuhnya dibebaskan dari kewajiban membayar biaya pendidikan.

“UNAIR telah membatalkan beberapa orang sebagai penerima Bidik Misi karena setelah dilakukan visitasi ternyata tidak sesuai. Jadi jangan macam-macam,” pungkasnya mengingatkan bahwa Bidik Misi hanya diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar tidak mampu secara ekonomi. (*)

Penulis : Yeano Andhika

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu