[Podcast] WANALA UNAIR Meriahkan Hari Bumi dengan Wanafest 2016

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Aulia Rahman, Ketua WANAFEST 2016 (paling kiri) bersama panitia lainnya melakukan wawancara di Radio UNAIR terkait peringatan Hari Bumi, Selasa, 8 Maret 2016. (Foto: Radio UNAIR)

RADIO UNAIR – Peringatan Hari Bumi setiap tanggal 22 April selalu dimeriahkan berbagai kegiatan lingkungan. Peringatan ini menjadi event primadona bagi setiap mahasiswa maupun organisasi pecinta alam di seluruh Indonesia. Tak mau kalah, mahasiswa pecinta alam WANALA Universitas Airlangga juga akan membuat kegiatan meriah bertajuk WANAFEST 2016.

WANALA Adventure Festival 2016 menjadi acara festival pertama yang digawangi UKM WANALA sekaligus menjadi pesta peringatan Dies Natalis WANALA UNAIR ke-42.

“Festival ini kami adakan untuk mewadahi dan mengapresiasi kegiatan mahasiswa pecinta alam Indonesia, khususnya di Jawa Timur, sebagai tempat kami berkarya dalam kegiatan pelestarian lingkungan,” ujar Aulia Rahman, Ketua WANAFEST 2016.

Mahasiswa Ekonomi Syariah 2011 yang diwisuda Minggu (19/3) ini menambahkan selain mahasiswa pecinta alam, festival juga diharapkan bisa mewadahi kreatifitas dan kegiatan komunitas pecinta lingkungan di Jawa Timur.

Festival yang akan digelar selama bulan April ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan sosial, olahraga, serta pendidikan. Sebagai kegiatan pembuka, akan diadakan pengabdian masyarakat di Desa Ranupani, Senduro, Lumajang, yang dilaksanakan pada 2-3 April 2016. Kegiatan sosial di kaki gunung Semeru ini mengajak civitas akademika UNAIR untuk berperan serta dalam meningkatkan minat baca dan kesadaran lingkungan masyarakat Desa Ranupani. Upaya tersebut dilakukan dengan memperbaiki perpustakaan dan taman baca, serta memperbaiki kondisi lingkungan dengan melakukan reboisasi atau penghijauan.

“Kami percaya dengan memperbaiki serta mempercantik taman baca, masyarakat setempat akan tertarik dan paling tidak akan sering berkunjung. Mulai dari hal kecil ini, kami ingin membantu generasi muda di desa tersebut gemar membaca.” ungkap Weni Pamulatsih, mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2012 ini.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini nantinya akan disusul dengan kompetisi panjat dinding tingkat nasional bertajuk “WANALA Climbing Competition” (8-10 April), seminar Ecotourism (10 April), Green Running (16 April), serta ditutup dengan Bazzar ( 16 April). (ras)

Penulis: Saraswati
Editor: Iwan Iwe

Berita Terkait

Radio UNAIR

Radio UNAIR

Radionya Arek-Arek Universitas Airlangga

Leave Reply

Close Menu