2.292 Lulusan UNAIR Siap Berkarya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, MT., SE., Ak., MCA menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Wisudawan Terbaik, dalam wisuda hari Sabtu 19 Maret 2016 kemarin. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, MT., SE., Ak., CMA didampingi oleh dekan masing-masing fakultas mewisuda 2.292 orang lulusan UNAIR, yang berasal dari 14 fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana. Karena banyaknya wisudawan sehingga dilaksanakan dua hari. Hari pertama, Sabtu (19/3) kemarin diikuti 1.168 wisudawan. Sedang pada hari kedua, Minggu 20 Maret 2016 diikuti 1.124 wisudawan. Semua prosesi dilaksanakan di gedung Airlangga Convention Center (ACC), kampus C Jl. Dr. Ir. Soekarno, Mulyorejo, Kota Surabaya.

Dalam wisuda edisi perdana tahun 2016 ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) memasok wisudawan yang terbanyak, yakni 581 orang, baik dari jenjang pendidikan S1 hingga S3 (Doktor). Wisudawan terbesar kedua dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) yaitu 273 lulusan, dan terbesar ketiga dari Fakultas Kedokteran (FK) 249 wisudawan, keempat dari Fakultas Hukum 229 wisudawan, dan lima besar dari Fakultas Sains dan teknologi (FST) dengan 180 orang wisudawan.

Menurut jenjang pendidikannya, dari 2.292 orang wisudawan tersebut masih tetap didominasi oleh lulusan pendidikan jenjang Sarjana (S1) yaitu sebesar 1.605 orang, kemudian lulusan jenjang Master (S2) sebanyak 434 orang, jenjang Diploma-3 (D3) diikuti 211 wisudawan, dan Program Doktor (S3) diikuti 42 orang wisudawan.

Dalam sambutan wejangannya di hadapan ribuan wisudawan, Rektor UNAIR Prof. Moch Nasih antara lain menekankan bahwa wisuda ini bukan akhir dari seseorang dalam menempuh belajar. Setelah inilah justru seorang yang baru lulus dari perguruan tinggi untuk terus belajar, belajar, dan belajar. Bermacam-macam yang bisa dipelajari mulai dari kehidupan bermasyarakat, lingkungan kerja, karier jabatan, dan bisa juga belajar dalam studi lanjut.

Rektor juga berpesan sebagai wisudawan dari universitas dengan motto “Excellence with Morality” maka dalam terjun ke masyarakat nanti hendaknya senantiasa berdedikasi, berperilaku positif, berprestasi dalam mengabdikan ilmu untuk masyarakat, bangsa, dan negara. Selain itu para wisudawan UNAIR hendaknya mampu menjadi seorang lulusan dari pendidikan tinggi yang kontributif, dan bukannya yang bikin masalah. Mengapa demikian, karena negeri ini butuh kontribusi dari orang-orang yang seperti itu.

Yang paling akhir, Rektor juga tidak lupa untuk mengingatkan kepada semua wisudawan untuk senantiasa mencintai terhadap almamater Universitas Airlangga ini dan menjaga nama baik almamater tersebut dimana pun wisudawan berada. Bagaimana cara menjaganya, antara lain dengan menunjukkan karya yang terbaik di masyarakat.

Dalam pelaksanaan wisuda tahun 2016 ini ada beberapa prosesi yang berubah dibanding sebelumnya. Diantaranya, Rektor mendampingi Dekan dan menyalami semua wisudawan, pembacaan doa serta sambutan Rektor ditempatkan pada bagian awal sebelum prosesi wisudawan dipanggil satu per satu untuk menerima Piagam Wisuda dari Dekan. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu