Sambut Tim Asesor, Prodi Ilmu Perpustakaan Optimis Raih Akreditasi A

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Proses pertemuan pihak IIP dengan tim asesor berlangsung secara kondusif (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh koordinator beserta pengajar program studi untuk mempersiapkan diri menuju proses akreditasi. Salah satu prodi yang baru saja dilakukan visitasi oleh asesor Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) adalah S-1 prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga. Prodi ini baru didatangi oleh asesor pada Jumat (11/3) lalu.

Kepala Departemen IIP FISIP UNAIR, Dra. Rahma Sugihartati, M.Si, menyampaikan bukti-bukti fisik sesuai dengan yang tertera dalam borang penilaian BAN-PT. Bukti-bukti fisip itu diperlukan agar tim asesor dapat menilai dan membuktikan secara langsung kesesuaian antara data dan realita. Agar mencapai hasil akreditasi seperti yang diharapkan, Rahma mengatakan ada beberapa perbaikan yang telah dilakukan berkaitan dengan fasilitas, sarana prasarana, kurikulum dan sistem pengajaran.

“Kehadiran para mahasiswa, alumni, hingga stakeholder juga dimaksudkan untuk memberi bukti fisik kepada tim asesor mengenai prodi IIP sendiri. Para mahasiswa dihadirkan untuk memberi pernyataan mengenai sistem pengajaran dan kurikulum, sementara para alumni dan stakeholder dihadirkan guna memberikan keterangan mengenai kinerja dan kualitas lulusan prodi IIP di dunia kerja,” tutur Rahma.

Ia pun menambahkan bahwa pertemuan pihak departemen IIP dan tim asesor berlangsung sangat baik. Untuk itu, ia cukup optimis bahwa Departemen IIP akan mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Dukungan fakultas

Peran fakultas menjadi hal yang penting dan dibutuhkan dalam proses penilaian akreditasi program studi oleh BAN-PT. Wakil Dekan III FISIP UNAIR Dra. Myrtati Dyah Artaria, M.A., Ph.D membenarkan pernyataan tersebut.

“Fakultas tentu sangat mendukung dan membantu penuh proses penilaian akreditasi prodi. Selain oleh pihak prodi, beberapa borang penilaian juga ada yang harus diisi oleh pihak fakultas. Intinya, pihak fakultas tentu selalu membantu segala persiapan yang diperlukan prodi guna menyambut penilaian akreditasi,” ungkap Myrtati. (*)

Penulis: Nourma Vidya
Editor: Defrina Sukma S

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu