Mahasiswa Komunikasi Ajak Siswa SD Mendongeng

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto: Ilustrasi Poster HIMAKOM UNAIR

UNAIR NEWS – Salah satu cara untuk membangkitkan imajinasi seorang anak adalah dengan membacakan dongeng. Dengan dongeng, anak diajak untuk menikmati gambar-gambar dan gerakan lucu, mendengarkan pengisi suara yang menirukan karakter suara si tokoh, tertawa, dan mendapat amanah dari cerita yang disampaikan.

Hari Ulang Tahun ke-28 Departemen Komunikasi (HUTKOM), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, memiliki banyak rangkaian acara. Salah satu rangkaian acara yang melibatkan partisipasi masyarakat, dalam hal ini adalah pelajar sekolah dasar, ialah Communication Social Responsibility atau Commcar. Pelaksanaan Commcar tahun ini mengusung tema ‘Berbagi Ilmu melalui Dongeng untuk Anak Negeri’.

“Dalam acara ini, kami selaku panitia menyajikan tiga dongeng kepada anak-anak SD. Dari dongeng yang kami tampilkan, kami berharap nantinya mereka bisa membuat dongeng sendiri. Kami juga akan ajarkan kepada mereka caranya membuat dongeng,” tutur Dwinita Ayuni Larasati, penanggung jawab acara Commcar.

Dalam rentang waktu satu pekan, pelaksanaan Commcar diadakan di dua sekolah dasar di Surabaya. Kedua sekolah dasar yang beruntung itu adalah SD Al Falah pada tanggal 15 dan 24 Maret 2016, serta Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 pada tanggal 18 dan 24 Maret 2016. Mereka menyasar pelajar kelas V SD sebagai target pembelajaran dongeng.

Rencananya, tim Commcar akan mementaskan tiga dongeng di masing-masing sekolah. Untuk mementaskan itu, mereka berlatih secara rutin, mulai hafalan naskah hingga olah vokal. Saat ini mereka juga tengah mempersiapkan properti yang akan mereka gunakan saat pentas di hadapan murid-murid sekolah dasar. Bahkan, demi memberikan hasil yang maksimal, mereka juga dilatih oleh komunitas Future Leader for Anti-Corruption (FLAC) Indonesia.

Nantinya, panitia akan menerbitkan dua buku dongeng yang telah ditulis sendiri oleh pelajar di dua SD yang telah mendapatkan pelatihan.  “Karya mereka akan dikumpulkan, di-scan, dan kami upload. Agar karya mereka bisa dinikmati oleh anak-anak Indonesia. Jadi, anak-anak tak hanya mengenal dongeng Cinderella saja. Kita juga kepengin membawakan karya anak-anak dari Surabaya. Ini lho dongengnya anak SD Al Falah dan Muhammadiyah. Dongeng juga bisa diunduh secara gratis,” tutur Atikah Ayu Taqiyyah selaku panitia acara Commcar. (*)

Penulis: Defrina Sukma S
Editor: Rio F. Rachman

photo (1)

 

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu