Mengedukasi Masyarakat Agar Tidak Takut Reptil

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA acara “Handling dan Sexing pada reptil”, Sabtu (5/3), di kampus UNAIR Banyuwangi. Acara ini menarik perhatian anak-anak muda Banyuwangi. (Foto: A Zakky Multazam).

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Hewan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) PDD UNAIR di Banyuwangi mengenalkan “Handling dan Sexing pada Reptil” kepada anak muda Banyuwangi, Sabtu (5/3). Acara ini dihadiri oleh puluhan anak muda di “Kota Gandrung Banyuwangian” ini dengan menghadirkan komunitas pecinta reptil Banyuwangi, “Banyuwangi Reptile Comunity”.

Tujuan acara ini dilaksanakan, selain mengedukasi para pecinta reptil di Banyuwangi mengenai “Handling dan Sexing pada Reptile” juga untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa reptile bukanlah suatu hal yang perlu ditakuti.

”Kita juga punya tujuan selain suka, kami juga ingin menghilangkan stigma pada masyarakat yang berpikir bahwa reptil itu berbahaya, padahal tidak, bahkan bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Bung Rudi, ketua Banyuwangi Reptile Community.

Keseimbangan pada ekosistem sangat dipengaruhi oleh reptil. Reptil memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Selain memainkan peran penting dalam banyak rantai makanan, yang menjaga populasi hewan kecil di bawah terkendali, reptil juga berfungsi sebagai makanan, hewan peliharaan, dan telah memainkan peran dalam seni dan budaya selama ribuan tahun.

“Masyarakat dan mahasiswa diharap tahu lebih tentang hewan konservasi, terutama reptil, supaya bisa turut menjaga biodiversitas satwa yang dilindungi. Karena reptil telah berperan penting dalam ekosistem sejak ribuan tahun lalu, dan saat ini rawan di eksploitasi demi kepentingan oknum tertentu,” tambah Drh. Thohawi Elziyad, pemrasaran pada sesi materi dalam kegiatan ini. (*)

Penulis: Ahmad Zakky Multazam
Editor : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu