Balik dari Singapura, Mengabdi untuk Almamater Tercinta

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto: Ilustrasi UNAIR NEWS

UNAIR NEWS – Untuk menjadi mahasiswa yang aktif kuliah sambil kerja, dibutuhkan banyak aspek. Misalnya, kreatifitas dan kemampuan mengatur waktu. Hal itu selalu diupayakan oleh Asih Saraswati, mahasiswa S1 Jurusan Budidaya Perairan.

Belia kelahiran Mojokerto 16 Januari 1991 ini boleh dikata multi talenta. Dia pernah menjadi reporter sekaligus fotografer di media cetak Warta UNAIR. Lantas, pindah ke bagian Radio untuk menjadi penyiar dan tim kreatif. Dia juga kerap melaksanakan tugas mengedit produk audio visual. Termasuk, membuat teaser dan poster promosi. “Saya mencintai apa yang saya lakukan. Banyak dapat pengalaman, wawasan, dan jaringan,” kata salah satu peserta ekspedisi NKRI dengan Kopassus pada 2013 tersebut.

Asih Saraswati, mahasiswa S1 Jurusan Budidaya Perairan (Foto: Istimewa)
Asih Saraswati, mahasiswa S1 Jurusan Budidaya Perairan (Foto: Istimewa)

Dia paham, sejumlah orang menganggap kalau apa yang dia lakukan tidak berhubungan dengan kuliah yang dijalaninya. “Tapi, prinsip saya, jadikan hobi kedua sebagai pekerjaan dan hobi pertama sebagai sarana rekreasi. Hobi pertama saya adalah travelling. Karena itu saya memilih jurusan yang mengharuskan saya untuk berkeliling dan bekerja di luar lapangan. Hobi kedua saya, kurang lebih adalah apa yang saya lakukan di media kampus saat ini,” kata peraih full-schoolarship selama 4 tahun pertama perkuliahan ini.

Dari Singapura, Balik ke PIH

Kecintaan Yeano D. Andhika pada dunia tulis-menulis tidak terbantahkan. Pada 2013 lalu, pemuda kelahiran Ngawi 1 Januari 1994 ini bergabung dengan Warta UNAIR. Dia sempat menjadi kontributor dan editor hingga Juni 2015.

Nah, pada Juli 2015 hingga Januari 2016, mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB angkatan 2012 ini ikut program exchange ke National University of Singapore (NUS). Februari 2016, dia kembali ke tanah air. Tak hanya itu, ketua divisi keilmuan Hima Ekonomi Islam 2014 ini juga kembali bergabung dengan News Room UNAIR. Baik sebagai editor majalah maupun website UNAIR News. “Kualitas bahasa Inggris Yeano bisa dibilang mumpuni. Dia dulu juga punya pengalaman di sini. Maka itu, kami dengan senang hati menerimanya kembali,” kata Koordinator News Room Bambang BES.

Yeano D. Andhika , mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB angkatan 2012 (Foto: Istimewa)
Yeano D. Andhika , mahasiswa S1 Ekonomi Islam FEB angkatan 2012 (Foto: Istimewa)

Yeano sendiri merasa bersyukur bisa kembali berkiprah di salah satu struktur dalam Pusat Informasi dan Humas (PIH) tersebut. Kemampuan tulis menulisnya makin terasah. Dia juga kerap bertemu dan mewawancarai para tokoh atau negarawan. “Pengalaman tersebut sangat mencerahkan,” kata ketua departemen keilmuan BEM FEB UNAIR 2015 tersebut.(*)

Penulis: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu