Rangkuman Berita Media Tentang UNAIR Hari Ini (2/3/16)

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
snmptn
Foto: ketemulagi.com

Server Lemot, Siswa Cemas

Pendaftaran SNMPTN memang sudah dibuka mulai kemarin. Namun, pada hari pertama pendaftaran, server SNMPTN malah lemot. Akibatnya, banyak siswa yang belum bisa log in. Begitu pula yang dirasakan Pramesvara Naori Rachmadhani dari SMAN 6. Ia merasa gelisah karena hingga pukul 11.50 WIB, dia belum dapat log in ke akun SNMPTN. Dia ingin mendaftar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Wakil kurikulum SMA Negeri 21 Moch Arifana mengatakan pada hari pertama pendaftaran, siswa memang melihat sendiri ke laman dengan menggunakan ponsel. Pihak sekolah pun juga tidak bisa mengecek langsung siswa yang masuk dalam kuota 75 persen. Namun, pihak sekolah memfasilitasi guru BK agar dapat membantu siswa dalam mematangkan jurusan.

Jawa Pos hal 25 dan 35 dan Radar hal 1 dan 2, Selasa, 1 Maret 2016

Buku Penutup Novel Supernova Bikin Decak Kagum

Sebuah novel karya Dewi lestari (Dee) berjudul Supernova sukses membuat penggemar setianya berdecak kagum. Buku penutup kisah Supernova yang berjudul Inteligensi Embun Pagi juga digadang-gadang melebihi kesuksesan dari buku pertamanya. Begitu pula yang dirasakan Abdul Rosid Novianto, mahasiswa Universitas Airlangga. Meski pada awalnya dia mengalami kesulitan dalam memahami kata-kata yang ada dalam buku, namun dia merasa buku ini menghadirkan nuansa baru bagi para pembaca.

Jawa Pos hal 17, Selasa, 1 Maret 2016

Negeri Darurat Bencana (Opini Dosen FISIP UNAIR, Bagong Suyanto)

Bencana yang belakangan melanda Indonesia, di satu sisi bisa dipersepsi sebagai takdir, namun riset menunjukkan bahwa aktivitas manusialah yang menjadi penyebab utama perubahan iklim global. Studi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Airlangga pada tahun 2015 menemukan beberapa dampak perubahan iklim, antara lain, sarana prasarana menjadi rusak, merebaknya wabah penyakit, terutama pernapasan, kekeringan dan kekurangan sumber air, bencana alam, dan ujungnya harga pangan semakin mahal karena penurunan produksi komoditas pertanian. Oleh karena itu, untuk meyiasati dampak perubahan cuaca yang merugikan, upaya yang dikembangkan adalah membangun kemampuan adaptasi masyarakat dan mengurangi risiko ancaman akibat bencana.

Republika hal 6, Selasa, 1 Maret 2016

Operasi Plastik, Pria Lancipkan Dagu

dr Iswinarno Doso Saputro SpBP (RE) yang saat ini mengambil gelar spesialis di FK UNAIR mengatakan ada anggapan di kalangan pria muda jika dagu lanip merupakan petanda bahwa orang tersebut terlihat lebih smart. Banyak diantara mereka yang memilih melakukan operasi plastik untuk memperbaiki dagunya. Sebenarnya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk meruncingkan dagu atau geniolpasty. Pertama, chin implant yakni memasang implan dari silikon padat. Kedua, memakai teknik memotong tulang dagu sekitar 1 cm. Menurutnya, implan memiliki kelebihan bisa dilepas. Jika sudah bosan, implan tinggal diangkat dan diganti sesuai keinginan. Namun, memakai tulang sendiri pun juga lebih hemat karena tidak perlu pasang lepas. Selain meruncingkan dagu, menurut dr. Iswinarno, pria juga suka memperbaiki bentuk kantung mata.

Jawa Pos hal 36, Rabu, 2 Maret 2016

Ajak Anak Muda Inspirasi Masyarakat

Dalam acara “Berani Memulai Startup!” yang digelar Lenovo di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Marsha Chikita Fawzy mengajak anak muda melakukan hal-hal positif lewat sebuah komunitas bernama kelas inspirasi di FEB UNAIR. Dia berbagi tips menginspirasi masyarakat mengingat dia adalah pelaku start up. Chiki yang memang hobi menggambar itu memanfaatkan hobinya untuk mencari pengalaman dan bekerja pada sebuah rumah produksi yang melahirkan kartun Upin Ipin asal Malaysia. Namun, pada tahun 2012, dia memilih kembali ke Indonesia dan mendirikan sendiri rumah produksi dengan berbekal pengalamannya selama bekerja di Malaysia. Melalui program Lenovo Siap Maju Inspiration Hunt, diharapkan anak muda khususnya yang berada di usia produktif untuk memulai langkahnya dalam menggapai impian.

Seputar indonesia hal 11, Surya hal 13 dan 16 dan Radar hal 5, Rabu, 2 Maret 2016

904 Siswa Daftar SNMPTN UNAIR

Berdasar data per Selasa (2/3), jumlah pendaftar SNMPTN di UNAIR sudah mencapai 904 orang yang terbagi menjadi 520 peserta pada pilihan pertama dan 384 orang pada pilihan kedua. Rektor UNAIR Prof. Muhammad Nasih menjelaskan, jumlah pendaftar sudah mencapai 43 persen dari kuota SNMPTN di UNAIR, yakni 2.080 mahasiswa. Program studi yang paling banyak diminati adalah manajemen dengan 86 pendaftar, farmasi dengan total pendaftar 80 dan akuntansi dengan total 57 pendaftar. Prof. Nasih juga menjelaskan bahwa pada tahun ini, UNAIR memiliki daya tampung 5.200 kursi untuk mahasiswa baru tingkat sarjana. Kuota jalur SNMPTN minimal 40 persen, SBMPTN 30 persen dan jalur mandiri maksimal 30 persen dihitung dari kapasitas daya tampung masing-masing PTN.

Seputar indonesia hal 11, Jawa Pos hal 25 dan 35, dan Surya hal 13 Rabu, 2 Maret 2016

Penulis: Thia Aminah

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu