Tunas Muda Airlangga Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SEBAGIAN mahasiswa PDD UNAIR Banyuwangi memungut sampah dalam aksi bersih-bersih sampah di tiga tempat di Banyuwangi dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2016. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Salah satu hari peringatan nasional yang bertema lingkungan hidup adalah Hari Peduli Sampah Nasional, yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Untuk peringatan di tingkat nasional, tahun 2016 ini dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. HPSN ini biasanya diisi dengan kegiatan kerja bakti membersihkan sampah yang dilakukan oleh masyarakat maupun berbagai komunitas.

Sehubungan dengan Hari Peduli Sampah Nasional itu, mahasiswa program Pendidikan Diluar Domisili (PDD) UNAIR di Banyuwangi yang tergabung dalam komunitas Tunas Muda Airlangga, tidak ketinggalan ikut melakukan aksi bersih-bersih sampah di tiga titik di Kota Banyuwangi. Tiga tempat tersebut adalah Pantai Boom, Pantai Satelit Muncar, dan Gunung Ijen. Aksi ini juga diikuti oleh 41 komunitas di kota paling timur di ujung Jawa Timur itu.

”Sebisa mungkin kami akan tetap berkontribusi untuk Indonesia melalui sektor lingkungan. Dan sebisa mungkin kami tidak akan membiarkan seluruh slogan yang telah didengungkan di seantero negeri itu cuma jadi slogan omong kosong saja,” kata Ketua Komunitas Tunas Muda Airlangga, Yustia Vandana.

Sejarahnya, Hari Peringatan Sampah Nasional ini diperingati untuk mengenang peristiwa longsornya TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Leuwigajah yang merenggut lebih dari 100 jiwa. Selain itu sampah memang masalah besar yang dihadapi Indonesia, dan selalu saja menghambat perkembangan negara dengan masalah yang selalu ditimbulkannya.

Penjelasan Yustia itu selaras dengan yang disampaikan Ketua IDI Banyuwangi yang menyatakan bahwa hendaknya masyarakat tidak hanya bersorak-sorai kegirangan dengan slogan dan nyanyian penyemangat, tetapi hendaknya juga bisa menunjukkan aksi nyata dan terus berkontribusi untuk Indonesia Bebas Sampah 2020.

Selain aksi pungut sampah, kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan selfie/groufie serentak secara nasional untuk mengampanyekan aksi ”diet sampah” dan upaya pengurangan produksi sampah di masyarakat. Kegiatan kemarin diakhiri dengan pembacaan deklarasi oleh perwakilan dari 41 komunitas yang andil pada acara tersebut. Ini sebagai wujud komitmen untuk mengurangi produksi sampah. (*)

Penulis : Achmad Zakky Multazam
Editor : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu