SNMPTN 2016, Pilih Prodi Sesuai Minat

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Haryo Puntodewo, staf PPMB UNAIR ketika memberikan materi dalam kunjungan SMAN 4 Cibinong, Bogor di UNAIR, Senin (29/2). (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Pendaftaran SNMPTN 2016 resmi dibuka hari ini. Ratusan ribu siswa SMA akan mulai saling berkompetisi untuk mendapatkan tempat di berbagai PTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam memilih program studi, para siswa diharapkan untuk memilih program studi yang sesuai dengan minatnya.

Hal itu diungkapkan oleh Haryo Puntodewo, staf PPMB UNAIR ketika memberikan materi dalam kunjungan SMAN 4 Cibinong, Bogor di UNAIR, Senin (29/2), di R. Kahuripan 301.

“Pilih program studi yang sesuai minat. Jangan dipengaruhi orang lain. Orang tua dan guru hanya sebatas membimbing,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan para siswa untuk memperhatikan daya tampung dan jumlah peminat dari program studi yang dipilih. Hal tersebut menurutnya, bisa memperbesar peluang siswa yang bersangkutan untuk diterima di program studi yang dipilih.

Dalam kunjungan ke UNAIR, para siswa dan guru SMAN 4 Cibinong nampak antusias mendengarkan informasi mengenai UNAIR dan proses penerimaan mahasiswa baru di UNAIR. Beberapa siswa misalnya menanyakan tentang diperbolehkannya pemilihan program studi lintas minat. Dalam kesempatan tersebut, pihak PPMB menyatakan bahwa UNAIR memperbolehkan siswa dengan minat ilmu alam untuk mendaftar ke program studi berbasis ilmu sosial dan juga sebaliknya.

Salah seorang guru, Evi Sukenti, juga meminta penjelasan tentang dimungkinkannya SMA yang belum terakreditasi untuk diterima di UNAIR. Pasalnya, SMAN 4 Cibinong memang sekolah baru yang akan meluluskan angkatan pertamanya di tahun ini.

“Hal tersebut memang jadi kendala bagi sekolah baru karena salah satu penilaian SNMPTN adalah berdasarkan jumlah alumni dan juga IPK alumni,” ujar Haryo sambil mengingatkan bahwa SMAN 4 Cibinong pasti memiliki kelebihan lain untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Sebanyak 270-an siswa dan guru pendamping SMAN 4 Cibinong menyambangi UNAIR. Kunjungan mereka ke Surabaya tidak lepas dari banyaknya siswa yang tertarik untuk melanjutkan studi di UNAIR.

“Banyak siswa yang berminat ke UNAIR. Mereka penasaran dengan PTN yang di Surabaya. Walaupun jauh, kami tetap membawa mereka berkunjung ke sini,” pungkas Evi.(*)

Penulis : Yeano Andhika

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu