Ajak Dosen Aktif Menulis Ilmiah Populer

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Anwar Djaelani, salah satu kolumnis aktif di salah satu media massa di Indonesia saat memberikan materi pada pelatihan penulisan ilmiah populer (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) Universitas Airlangga mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah populer bagi para dosen di lingkungan UNAIR. Pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi para dosen agar giat menulis di media massa. Pelatihan berlangsung di Aula Kahuripan 201 yang diikuti sekitar 60 dosen diselenggarakan pada Senin (29/2).

Anwar Djaelani, salah satu kolumnis aktif di salah satu media massa di Indonesia dipilih sebagai pembicara pada pelatihan penulisan ilmiah populer ini. Prof. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Comm. selaku Ketua LP4M UNAIR berharap agar para dosen tidak hanya aktif meneliti, namun juga memublikasikan ide-idenya melalui media masa.

“Harapannya, mereka menyumbangkan kontribusi keilmuan yang signifikan dan mudah dipahami oleh masyarakat. Mereka jadi aktif menulis di media masa, majalah, dan media populer lainnnya yang bisa dipakai atau dirujuk oleh masyarakat. Misalnya, dosen dari FKH menulis inovasi atau kreativitas di bidang kedokteran hewan. Dosen dari ekonomi, hukum, bahkan psikologi juga demikian,” tutur Prof. Jusuf.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi motivasi, inspirasi, dan pemikiran yang sistematis kepada para dosen. Pada pelatihan ini juga terdapat simulasi pembuatan artikel. Penulisan didampingi oleh fasilitator. Masing-masing tulisan itu dikoreksi hingga menjadi satu artikel ilmiah populer yang siap kirim ke redaksi media massa.

Selain itu, menurut Prof. Jusuf, jika para dosen aktif menulis di media massa, ilmu pengetahuan akan mengalir dengan mudah ke masyarakat.

“Dosen bukan hanya berada di menara gading, tapi menara air yang dapat memberikan manfaat melalui karya ilmiah dan populer,” terang Guru Besar bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNAIR.

Selanjutnya, LP4M UNAIR juga melakukan pendampingan terhadap para dosen yang ingin mengirimkan proposal ke DIKTI. Pendampingan dilakukan oleh para dosen UNAIR yang terlibat sebagai reviewer di DIKTI.

“Mereka (reviewer, -red) dijadikan sebagai narasumber, mendampingi para dosen yang ingin mengirimkan proposal ke DIKTI. Sehingga proposal yang benar bisa diterima oleh DIKTI,” papar Ketua LP4M UNAIR. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu