IOP UNAIR Adakan Orientasi Bagi Mahasiswa Asing

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para mahasiswa asing berfoto bersama dalam acara orientasi (Foto : Yeano Andhika)

UNAIR NEWS – International Office and Partnership (IOP) UNAIR, Selasa (23/2), mengadakan International Students Orientation, sebuah program orientasi bagi mahasiswa asing yang mengikuti program pertukaran pelajar di UNAIR semester ini. Bertempat di Ruang Kahuripan 301 Kantor Manajemen UNAIR, para mahasiswa yang berasal dari berbagai negara tersebut nampak antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh staf IOP UNAIR.

“Selamat datang di Surabaya. Hari ini kawan-kawan resmi menjadi bagian dari Universitas Airlangga,” ujar Moch. Jalal, Koordinator Outbound dan Mobility IOP UNAIR dalam sambutannya kepada para mahahiswa tersebut. Dalam kesempatan itu mereka diberikan informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Indonesia dan UNAIR.

“Tinggal di negera asing pertama mungkin akan terasa berat. Namun banyak di antara mereka yang sudah kembali ke negaranya masing-masing kemudian mengatakan bahwa mereka merindukan Indonesia dan orang-orangnya,” ujar Puguh Budi Susetiyo staf IOP yang kemudian menjelaskan tentang bagaimana cara untuk bisa survive belajar di negeri orang. Pria yang juga dosen Sastra Inggris, FIB UNAIR ini juga membagikan pengalamannya ketika menempuh studi di University of Warsaw.

Semester ini, mengutip pernyataan Manajer Kelas Internasional IOP UNAIR Dewi Sartika, sebanyak 73 mahasiswa asing akan mengikuti pertukaran pelajar di UNAIR dalam berbagai skema program meliputi program AMERTA (Academic Mobility Exchange for Undergraduate at Airlangga), Student Exchange di tingkat fakultas serta Community Outreach Program (COP).

“Tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Untuk program AMERTA saja, tahun lalu hanya 30-an orang, saat ini mencapai 45 orang,” sambung lulusan Monash University ini. Mereka yang mengikuti orientasi kali ini adalah mereka yang berada dalam skema program AMERTA dan student exchange di tingkat fakultas.

Para mahasiswa asing tersebut berasal dari berbagai universitas di Asia, Eropa dan Afrika antara lain: Fontys University dan Avans Hogeschool (Belanda), Universiti Malaya, Management and Science University dan Universiti Utara Malaysia (Malaysia), Royal University of Law and Economics, Royal University of Phnom Penh, Panasastra University of Cambodia (Kamboja), Foreign Trade University, Ho Chi Minh City (Vietnam), University of the Philippines (Filipina), dan Institut de Management Des Arts et Metiers (Madagaskar). Mereka akan belajar di Fakultas Keperawatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Vokasi serta Kelas Internasional AMERTA. (*)

Penulis : Yeano Andhika

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu