Tim Basket Putri UNAIR Duduki Posisi Runner Up Liga Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto bersama tim UKM basket putri (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Laga final Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball National musim keempat telah membuahkan hasil. Tim basket putri Universitas Airlangga berhasil meraih posisi runner up dalam babak final yang digelar di GOR C-Tra Arena, Bandung, pada Sabtu (21/2). Tim basket putri UNAIR harus puas dengan skor 44 poin atas tim Universitas Esa Unggul dengan skor 61 poin.

Kapten tim basket putri UNAIR Putri Yuliana Anggita Bening mengatakan bahwa dirinya cukup bangga bisa membawa rekan-rekan timnya masuk ke babak final. Apalagi ini merupakan tahun terakhir bagi dirinya dan beberapa rekan timnya untuk berlaga di ajang LIMA dengan membawa nama besar UNAIR. Bagi Anggita yang berhasil mencetak 6 poin dan 10 rebound dalam laga final kali ini, faktor keberhasilan ini dipengaruhi oleh kerja keras, kekompakan, dan semangat pantang menyerah yang dimiliki oleh tim basket putri UNAIR.

Pencetak poin terbanyak tim basket putri UNAIR, Nilam Rifai Savitri, mengatakan ada banyak peluang cetak skor yang tercipta untuknya. Sebagai pencetak 19 poin, ia merasa bangga bisa memberikan yang terbaik bagi UNAIR. Menurut Nilam, tim UNAIR bisa mengimbangi permainan lawan hingga quarter kedua. Namun, tim basket putri UNAIR harus mengakui keunggulan lawan timnya hingga quarter keempat.

Pada permainan kali ini, komposisi pemain basket putri UNAIR terdiri dari jumlah pemain baru yang lebih banyak. Sehingga, tim basket putri UNAIR sejak awal hanya menargetkan masuk babak semifinal. Keberuntungan terkadang tak selurus dengan target. Tak dinyana, tim basket putri UNAIR berhasil masuk ke babak final dan meraih posisi runner up. Hal ini diungkapkan oleh pelatih tim basket UNAIR, Aries Herman, di sela-sela waktu usai pertandingan.

“Dari segi komposisi, 60% pemain tim basket putri UNAIR masih tergolong baru. Ini merupakan kali pertama mereka bertanding di LIMA sehingga dari segi pengalaman masih kurang dari tim lawan. Sebenarnya, masuk final ini sudah melebihi target. Cukup semifinal saja,” tutur Aries.

Ke depannya, ia akan tetap menggiatkan latihan bagi pemain basket UNAIR. Tahun depan, ia menargetkan tim basket UNAIR akan menembus babak final, dan memboyong juara I nasional.

Tim basket putri UNAIR berhasil masuk babak final setelah mengalahkan tim Universitas Parahyangan dengan skor 68-42 pada Sabtu (20/2) di tempat yang sama. Sedangkan, tim basket putra mengalami kekalahan pada babak perempat final saat melawan tim basket asal Universitas Pelita Harapan.

Dalam sejarahnya, tim basket putra dan putri menorehkan prestasi gemilang di ajang LIMA. Pada periode 2013-2014 lalu, tim basket putra berhasil meraih juara III seri Jawa Timur, sedangkan tim putri UNAIR berhasil meraih juara I nasional di ajang LIMA. Pada periode 2014-2015, tim basket putri menduduki juara IV nasional, sedangkan tim putra meraih juara I seri Jatim. Pada periode 2015-2016, tim basket putri UNAIR menduduki juara II nasional, sedangkan tim putra babak perempat final nasional. (*)

Penulis: Disih Sugianti
Editor: Defrina Sukma S.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu