Mahasiswa FK UNAIR Kunjungi IPAM PDAM Surabaya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
MAHASISWA tingkat Dokter Muda-2 (smester 10-11) FK UNAIR dipandu petugas meninjau IPAM Karangpilang-2 PDAM Kota Surabaya. (Foto: Suara Indonesia-News.Com)

UNAIR NEWS – Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Karangpilang PDAM “Surya Sembada” Kota Surabaya, belum lama ini menerima kunjungan 56 mahasiswa Tingkat Dokter Muda-2 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR). Mereka datang langsung ke IPAM Karangpilang 2 di Jl. Karangpilang itu, Rabu 20 Januari lalu.

Atika, M.Si., S.Si., dari Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Kedokteran Pencegahan (IKM-KP) FK UNAIR, sebagai pembimbing mahasiswa, ketika dihubungi UNAIR NEWS, Senin (15/2), membenarkan bahwa kunjungan tersebut rutin dilakukan sebagai bagian dari para Dokter Muda II (mahasiswa semester 10-11) yang melakukan kepaniteraan di IKM-KP. Kepaniteraan itu sendiri dilakukan selama delapan minggu. Tujuannya untuk membekali calon-calon dokter ini melihat sesuatu yang berhubungan dengan penyakit yang disebabkan oleh air.

”Jadi mereka harus tahu bagaimana syarat kimia air bersih dan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh air yang kurang layak. Karena itu mahasiswa juga diperkenalkan mulai dari pengambil bahan baku air, proses pengolahan, pemberian kimiawinya di laboratorium, hingga sampai air tersebut siap didistribusikan ke masyarakat,” kata Atika.

Prafa Alif Rahman, ketua kelompok mahasiswa FK UNAIR yang berkunjung ke IPAM tersebut juga membenarkan bahwa waktu itu ia dan kawan-kawannya diterima langsung di ruang CCP IPAM Karangpilang 2 oleh Agus Eko Setiyono, Supervisor Produksi Karangpilang 2.

Bagi mahasiswa, kata Prafa, ilmu tentang pengolahan air minum ini merupakan pengetahuan baru baginya dan teman-temannya. Jadi selain untuk bekal terjun ke masyarakat juga agar bisa menjelaskan kepada mereka tentang standar mutu air yang di proses oleh PDAM Kota Surabaya ini.

Agus Eko Setiyono, Supervisor Produksi Karangpilang 2, saat itu menjelaskan tentang proses pengolahan air di IPAM Karangpilang 2. Sementara Agus Salim, Supervisor Laboratorium Karangpilang menjelaskan tentang proses pembubuhan bahan kimia yang digunakan untuk mengolah air.

Setelah menerima penjelasan tentang proses pengolahan dan pembuhan bahan kimia, mahasiswa calon dokter di FK UNAIR itu diarahkan melihat proses pengolahan air secara langsung yang dipandu oleh Didik Hardinanto, Supervisor Produksi Karangpilang 1. Hasil dari kunjungan ini dipakai sebagai bahan diskusi di kampus. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu