Depkom Langganan Penghargaan, Memegang Prinsip Egaliter Dosen-Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para dosen Depkom berfoto bersama dengan piagam dan trophy yang sudah mereka raih. (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Salah satu departemen di FISIP yang langganan meraih penghargaan adalah komunikasi. Baru-baru ini, salah satu majalah terkemuka melakukan survey. Respondennya adalah para orang tua calon mahasiswa dan users (institusi atau dunia kerja).

Melalui jajak pendapat itu, Depkom UNAIR dinobatkan dan diberi penghargaan sebagai sekolah komunikasi terbaik di Indonesia. Departemen yang berdiri sejak 19 Mei 1988 ini menyisihkan kampus-kampus negeri maupun swasta lainnya.

“Kami sudah sering mendapat apresiasi seperti ini. Kami berterimakasih pada semua pihak karena sudah memberi kepercayaannya pada kami,” ujar Dr. Yayan Sakti Suryandaru S.Sos., M.Si., ketua departemen komunikasi.

Depkom memiliki banyak keunggulan. Tak mengherankan, bila kemudian berhasil memeroleh beragam opini positif dari banyak kalangan. Atmosfer perkuliahan di Depkom bisa dibilang menarik. Salah satunya, terkait prinsip egaliter antara dosen dan mahasiswa.

Salah satu dosen (paling kiri) berinteraksi dengan mahasiswa Depkom di laboratorium Audio Visual. (Foto: UNAIR NEWS)
Salah satu dosen (paling kiri) berinteraksi dengan mahasiswa Depkom di laboratorium
Audio Visual. (Foto: UNAIR NEWS)

Pengajar bernama Kandi Aryani S.Sos., MA. mengutarakan, pihaknya menganggap mahasiswa sebagai mitra. Tidak ada sedikit pun ambisi mau mendominasi. “Yang muncul adalah perasaan ingin berbagi,” kata perempuan lulusan Utrech Univeristy tersebut.

Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu dilaksanakan kegiatan nonton film bareng. Lantas, film itu ditelaah bersama. Semua mahasiswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Termasuk, mendiskusikannya bersama para dosen.

Dalam momen tersebut, baik dosen maupun mahasiswa berada dalam posisi setara. “Saya mendapat banyak wawasan baru dalam diskusi itu. Artinya, saya juga belajar dari mereka,” kata Kandi. (*)

Penulis: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu