ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

RADIO UNAIR – Gundam, serial animasi Jepang yang pertama kali muncul di TV Jepang sekitar April 1979 adalah robot raksasa yang dikemudikan seorang pilot. Serial gundam tidak hanya disukai anak-anak tapi juga orang dewasa. Serial ini sangat terkenal di Jepang dan tersedia dalam bentuk robot mainan dari tokoh karakter dalam serial gundam.

Kecintaan terhadap Gundam ini yang mendasari Kiki dari Sastra Jepang UNAIR, Hadi Akuntansi UNAIR, dan beberapa temannya membentuk Arek Gundam Suroboyo pada 11 Mei 2013. Menginjak tahun ketiga, saat ini sudah ada sekitar 2.000 orang yang bergabung dengan komunitas ini. Arek Gundam Suroboyo kerap bertukar pikiran dan sharing terkait koleksi mereka yang terdiri dari robot rakitan gundam, majalah, figure, hingga komik agar bisa merasakan film Gundam dalam kehidupan mereka.

Kecintaan terhadap Gundam diawali sejak mengikuti serial anime gundam. Sampai akhirnya mereka tertarik mengkoleksi merchandise gundam, terutama robot rakitan. Robot rakitan gundam terdiri dari beberapa ukuran, yaitu skala 1:100, skala 1:60, dan skala yang paling besar 1:48. Untuk merakit gundam, diperlukan ketelitian dan kesabaran. Mereka rata-rata bisa menyelesaikan satu gundam dalam waktu 2-4 hari tergantung tingkat kesulitannya.

Komunitas ini rutin berkumpul untuk sharing tentang gundam. Mereka melaksanakan kegiatan cukup unik, yaitu arisan gundam dan juga sesekali melakukan pameran di beberapa pameran mainan. Mereka juaga mengikuti lomba merakit gundam yang sering dilaksanakan di beberapa tempat. (*)

Penulis: Afifah Nurrosyidah/Radio UNAIR
Editor: Iwan Iwe

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone