Peserta Dentine Membludak, Jadi Sarana Peningkatan Kualitas Input FKG

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu momen peserta Dentine dengan para pendukungnya (Foto: Humas FKG)

UNAIR NEWS – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (BEM FKG) UNAIR menyeleggarakan Dentistry Intellectual Challenge (Dentine). Gelaran tahunan yang sudah dilaksanakan tujuh kali ini adalah lomba nasional kemampuan dasar di bidang kedokteran gigi bagi siswa-siswi SMA.

Rangkaian acara Dentine dilaksanakan di lingkungan kampus UNAIR sejak 18 Januari hingga 21 Februari 2016 mendatang. Dua cabang utama yang dipertandingkan adalah penulisan esai dan Olimpiade kedokteran gigi. Khusus tahun 2016 ini, cabang lomba diperkaya. Ada tiga lomba tambahan. Yakni, futsal, basket dan desain grafis.
Ketua Dentine 2016 Rahmad Rifqi Fahreza (FKG 2013) mengatakan, tujuan dari acara tahunan yang sudah dimulai sejak tahun 2009 ini adalah menarik minat calon mahasiswa dari SMA seluruh Indonesia. Diharapkan, terjadi peningkatan kualitas input FKG UNAIR di tahun 2016. Sebab, ajang ini dipastikan memiliki banyak unsur pengetahuan di bidang kedokteran gigi.

Di luar dugaan, jumlah peserta Dentine 2016 membludak dan melebihi target yang ditetapkan panitia. Dari 1.200 tim yang tercatat mengikuti cabang olimpide kedokteran gigi pada Dentine 2015, meningkat hingga 2.100 tim pada Dentine 2016.
Cabang esai yang diikuti oleh 240 tim. Sebagai cabang baru yang diperlombakan pada Dentine 2016, lomba Desain grafis diikuti oleh 95 orang, kompetisi basket 48 tim dan futsal 16 tim.

Suasana lomba dalam ajang Dentine 2016 (foto: humas FKG)
Suasana lomba dalam ajang Dentine 2016 (foto: humas FKG)

Penyisihan olimpiade kedokteran gigi akan dilaksanakan di 18 kota besar di Indonesia pada 14 Februari. Semifinal dan grand final Nasioanl akan diseleggarakan pada tanggal 20 dan 21 februari 2016 mendatang.

Dentine 2016 mendapatkan perhatian dari seluruh civitas akademika. Termasuk, pimpinan FKG UNAIR. “Saya sangat mengapresiasi BEM FKG. Angka 2.000 sudah menyamai prestasi acara yang sama yang diadakan oleh BEM FK. Kalau FK hanya olimpiade kedokteran saja, maka panitia Dentine 2016 berhasil menambah cabang lomba olahraga dan desain grafis. ” ujar Dekan FKG, Dr. R. Darmawan Setijanto, drg, M.Kes. (*)

Penulis : Humas FKG
Editor: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu