Dua Putera Utama Dibalik Hymne Airlangga

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Teks Asli Hymne Airlangga (Sumber : Buku 50 Tahun Universitas Airlangga)

UNAIR NEWS – Abdoes Saleh dan R. Bahrawi Wongsokoesoemo. Apabila disebutkan dua nama orang tersebut, mungkin banyak sivitas akademika UNAIR dewasa ini menggelengkan kepala tanda tak tahu. Padahal jasa keduanya bagi UNAIR tidak bisa dipandang remeh. Mereka diangkat sebagai ‘Putera Utama Universitas Airlangga’ oleh Rektor UNAIR pertama, Prof. Mr. AG Pringgodigdo.

Keduanya adalah pencipta Hymne Airlangga. Abdoes Saleh adalah sosok yang mengaransemen melodi dan menciptakan syair pujaan sedangkan Bahrawi adalah sosok yang menciptakan syair pengantar. Hymne Airlangga sendiri merupakan lagu sakral yang wajib diketahui oleh siapapun yang pernah menjadi mahasiswa UNAIR. Lagu ini selalu berkumandang dalam acara pengukuhan mahasiswa baru dan wisuda universitas, menyambut mereka yang akan menuntut ilmu di salah satu kampus kebanggaan negeri juga mengantar mereka yang siap mengabdi untuk ibu pertiwi.

Pada saat menciptakan Hymne Airlangga, keduanya masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran. Namun menjadi mahasiswa bukan alasan untuk tidak menorehkan tinta sejarah, cinta keduanya pada almamater terlukis dalam syair dan melodi yang menggetarkan hati.

Menjadi wajar jika kemudian Panitya Pantjawarsa mengusulkan pemberian gelar ‘Putera Utama Universitas Airlangga’ kepada mereka. Hal tersebut dapat dilihat dengan jelas dalam surat penghargaan dari Presiden Universitas Airlangga (pada saat itu rektor masih disebut sebagai presiden) tertanggal 10 November 1959 atau tepat saat dies natalis UNAIR kelima. Dalam surat tersebut tertera bahwa gelar tersebut adalah bentuk pengakuan dan penghargaan atas jasa mereka yang telah menciptakan Hymne Airlangga.

Dalam bait-bait Hymne Airlangga di bawah ini dapat kita ketahui bahwa betapa kebanggaan dan kecintaan mereka terhadap UNAIR begitu besar. Tentu mereka berharap bahwa setiap civitas akademika UNAIR juga akan senantiasa demikian.

Teks Asli Hymne Airlangga (Sumber : Buku 50 Tahun Universitas Airlangga)
Teks Asli Hymne Airlangga (Sumber : Buku 50 Tahun Universitas Airlangga)

Syair Pengantar

Di Timur Jawa Dwipa
Megah Engkau Bertahta
Ksatria Airlangga
Kusuma Negara
Dari Engkau Kudapat
Budaya Pusaka
Airlangga Dikau Permata
Indonesia Raya

Syair Pujaan
Bagimu Almamater
Kuberjanji Setia
Berdharma Bakti Suci
Berjasa Mulia
Belajar Untuk Nusa
Indonesia yang Kucinta
Airlangga Engkau Hiduplah
Airlangga Tetap Kau Jaya

Penulis : Yeano Andhika

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu