Delapan Makalah Hasil Riset UNAIR Diterima dalam ‘20 Th APSR Congress

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TIM dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran UNAIR, yang dipimpin Prof. Muh Amin (kelima dari kanan) di depan backdrop ”20 Th Congress of the Asian Pacific Society of Respirology” di Kuala Lumpur. (Foto: Dok peserta)

UNAIR NEWS Ada yang istimewa bagi Universitas Airlangga (UNAIR) dalam penyelenggaraan “20 Th Congress of the Asian Pacific Society of Respirology (APSR)” di Kuala Lumpur, Malaysia, 3-6 Desember 2015 lalu. Kenangan manis itu masih membekas hingga kini, karena pada forum ilmiah internasional itulah sebanyak delapan makalah hasil penelitian Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran UNAIR, semua diterima untuk ditampilkan dalam Kongres APSR 2015 tersebut.

”Biasanya dalam kegiatan tahunan APSR yang dihadiri hampir 10.000 peserta seperti ini, hanya 2-3 makalah saja dari satu perguruan tinggi yang diterima. Sedang ini delapan makalah dari UNAIR diterima dan ditampilkan semua,” kata Prof. Dr. Muhammad Amin, dr., Sp.P(K), ketua tim Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran UNAIR, Selasa (2/2) di kantornya.

Menurut Prof. Muh Amin, kongres APSR ini diselenggarakan oleh organisasi professi dalam lingkup respirologi, dengan lokasi tempat penyelenggaraan berpindah-pindah di lingkungan negara-negara di Asia Pasifik. Sedangkan Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga juga selalu berpartisipasi pada setiap kongres.

Setiap kali penyelenggaraan pesertanya hampir mencapai sepuluh ribuan yang datang dari seluruh penjuru dunia, dengan pembicara para pakar, baik dari Asia Pasifik sendiri dan pakar respirasi di seluruh dunia. Selain presentasi para pakar juga diberikan kesempatan bagi para peserta kongres untuk berpartisipasi membawakan hasil risetnya dalam bentuk oral presentation maupun poster.

“Dengan diterimanya delapan makalah dari UNAIR yang dipresentasikan di Kongres APSR 2015 ini sekaligus merupakan jumlah terbanyak diantara peserta dari universitas di Indonesia yang mengikuti kongres ini,” tambah Prof. Muh Amin, yang juga Ketua Senat Akademik UNAIR ini., seraya menyebut dari UNAIR hadir dengan sepuluh peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa PPDS Pulmonologi.

Judul makalah dan peneliti dari UNAIR yang tampil pada Kongres APSR tahun 2015 adalah seperti dibawah ini:

No Nama
1. Prof. Dr. Muhammad Amin, dr., Sp.P(K), Bintang Bestari, dr., Adhari Ajipurnomo, dr.
  1. MersCo-V Screening for Indonesian Hajj Pilgrims Returning Home from Mecca.

2. Factors Associated with Asthma Control in Soetomo Hospital Surabaya.

2. Winariani Koesoemoprodjo, dr., Sp.P(K), MARS, FCCP Correlations between Blood Level and Lung Function Test on Surabaya-Sidoarjo Highway Workers.
3. Isnu Pradjoko, dr., Sp.P(K) – peserta
4. Resti Yudhawati Meliana, dr., Sp.P(K) The Relationship of Il-4 Level with Chest X-Ray and Sputum Positioning in Pulmonary Tuberculosis Patients.
5. Arief Bakhtiar, dr., Sp.P Chronic Foreign Body Aspiration Presenting as Intrabronchial Tumor.
6. Wiwin Is Effendi, dr., Sp.P Pathogenesis of Benign Papillaty Mesothelioma
7. Desilia Atikawati, dr Sequele of Tuberculosis with Recurrent Hemoptysis.
8. Mokhammad Muklis, dr Pulmonary Embolism and Thrombosis of Superior Vena Cava Mimiching Mediastinal Tumor.

 

Disamping membawakan makalah, lanjut Dekan FK UNAIR periode 2006-2010 ini, seluruh peserta dari UNAIR juga mengikuti secara penuh acara ilmiah kongres sampai penutupan. Hal ini dimaksudkan agar peserta dapat mengetahui perkembangan ilmu yang terbaru yang dipresentasikan oleh para pakar respirasi yang berasal dari berbagai negara di dunia. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu