Delegasi UNAIR Kunjungi Pameran Karir di Singapura

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto: Dokumentasi ASEAN CAREER FAIR with Japan

UNAIR NEWS – Delegasi Universitas Airlangga berkunjung ke Singapura pada 29-31 Januari 2016. Kunjungan ke negeri singa ini dalam rangka untuk mengetahui ekspektasi kebutuhan kerja di perusahaan multinasional dan studi banding.

Delegasi tersebut diantaranya adalah Ketua Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PPKK),  Ketua Pusat Informasi dan Humas, dan wakil dekan I dari sepuluh fakultas di UNAIR.

Tujuan delegasi UNAIR berkunjung ke Singapura yakni untuk menghadiri acara yang digelar oleh Universitas Osaka, Jepang, dan Universitas Manajemen Singapura. Rangkaian acara tersebut meliputi simposium internasional berjudul “ASEAN-Japan Collaboration in Human Resource Development”, dan bursa kerja perusahaan multinasional asal Jepang. Selain itu, delegasi UNAIR juga melakukan kunjungan dalam rangka studi banding ke Universitas Manajemen Singapura (UMS).

“Kita sudah pernah mengikuti acara seperti pada dua tahun yang lalu. Sekarang, kami mengikuti lagi. Kali ini acara tersebut juga ada kegiatan simposiumnya. Kami hadir karena diundang oleh pihak Universitas Osaka. Sebab, bu Nyoman (Direktur Pendidikan UNAIR) sudah kenal baik dengan pihak Osaka,” tutur Dr.Elly Munadziroh, drg., M.S. selaku Ketua PPKK UNAIR yang ikut serta dalam kunjungan.

“Jadi, kami diundang untuk menghadiri simposium. Di sana ada pihak dari Universitas Osaka, universitas yang diundang, dan perwakilan atau para CEO perusahaan multinasional Jepang,” imbuhnya.

Bursa kerja yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan multinasional Jepang itu, bagi Elly, merupakan suatu momen untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja dari peserta bursa kerja di perusahaan multinasional. Hal tersebut guna mengetahui apa yang harus disiapkan untuk memenuhi berbagai tantangan itu.

Elly melihat bahwa tantangan tenaga kerja untuk diterima di perusahaan multinasional adalah kerja keras, softskill, dan penguasaan IPTEK dan bahasa.

“Untuk memenuhi tantangan itu, kami akan menambah jadwal kegiatan yang menghadirkan pembicara-pembicara dari perusahaan multinasional. Hal ini dilakukan agar mahasiswa UNAIR termotivasi untuk mendapatkan posisi di perusahaan multinasional.

Sedangkan dalam rangka kunjungan studi banding ke Universitas Manajemen Singapura, Elly mengatakan bahwa UMS begitu mengapresiasi prestasi sivitas akademika dan para alumni.

Penulis : Defrina Sukma S.

Editor    : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu