Bantuan ke Masjid UNAIR Terus Mengalir

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DIANTARA penyumbang pembangunan masjid “Asmaul Husna” Kampus C UNAIR. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Tenaga kependidikan (karyawan) Universitas Airlangga secara suka rela menyisihkan sebagian gajinya sebagai sodakoh amal jariyah untuk disumbangkan kepada panitia pembangunan Masjid “Asma’ul Husna” di Kampus C UNAIR Mulyorejo, Surabaya. Seperti yang disumbangkan bulan Januari 2016 ini jumlahnya mencapai Rp 10.813.000/bulan, hingga enam bulan kedepan.

Agus Haviludin, Staf Bagian Keuangan UNAIR yang menangani hal ini mengatakan, jumlah sebesar itu berasal dari 105 karyawan, termasuk karyawan honorer. Mereka mengisi pernyataan bahwa setiap bulan gajinya minta dipotong sekian rupiah untuk bantuan pembangunan masjid. Jadi sifatnya suka rela, yang meminta pun para karyawan, dengan besaran sumbangan juga bervariasi mulai Rp 50.000 hingga Rp 250.000. Bahkan ada yang lebih.

“Hanya bedanya kalau yang berstatus honorer ia membayarkannya langsung pada kami setiap awal bulan untuk bersama-sama diserahkan kepada panitia pembangunan masjid melalui rekeningnya,” kata Agus Haviludin kepada UNAIR NEWS.

Dikatakan, sumbangan amal jariyah seperti ini sudah merupakan “tradisi” sejak lama. Hanya saja sebelum adanya pembangunan masjid, dana karyawan tersebut disalurkan kepada sebuah yayasan Yatim Piatu di Kota Surabaya. Atas kemauan para karyawan pula minta untuk sementara dialihkan ke pembangunan masjid. Untuk itu pihak UNAIR juga sudah menghubungi yayasan tersebut dan pihak yayasan pun, kata Agus, juga memahami.

“Nanti kalau pembangunan masjidnya sudah selesai, ya kembali disalurkan ke yayasan tersebut,” imbuh Agus. Ia yakin jumlah setiap bulannya akan melebihi dari sebesar itu, sebab banyak juga karyawan lain yang memilih berinfak langsung ke kotak-kotak amal masjid. Seperti diketahui, meskipun masjid berlantai tiga tersebut belum selesai pembangunannya tetapi lantai dasar yang sudah ladi dan berlantai mulus, sudah digunakan untuk salat Jumat. Bahkan ketika kampus sedang libur dan sepi kuliah pun, salat Jumat tetap ramai.

“Pada liburan jumat kapan hari itu masih dapat enam baris jemaah, lumayan,” kata Drs. Musa, ketua Takmir Mushala UNAIR.

Seperti diberitakan selama ini, telah banyak para alumni per-angkatan yang memberikan donasi sumbangannya untuk pembangunan masjid di kampus C UNAIR ini. Pernah juga panitia menerima bantuan berupa perhgiasan dan sebuah mobil. Bantuan berupa uang pernah diterima mencapai Rp 1.624.573.085 yang berasal dari tujuh donatur. Misalnya dari para alumni UNAIR yang berdomisili di Jakarta, alumni FE ’87, Alumni FE’73, CSR PT Kelola Mina Laut (Gresik), IKA Fakultas Hukum UNAIR, Alumni FE ’85 (menyerahkan dua kali), alumni UNAIR yang bekerja di Bank Mandiri, dari lembaga Avian Influenza-Zoonosis Research Center (AIRC) UNAIR atau pengelola BSL3 (Bio Safety Level-3), dari IKA Farmasi, juga dari pengusaha nasional Chairul Tanjung.

Donatur lain yang ingin menyumbang bisa disalurkan melalui Rekening Bank Mandiri Cabang Rungkut Megah Raya Nomor: 142.0031122012 atau ke Rekening Bank Mandiri Syariah KK UNAIR norek: 7076288504, semua atas nama Panitia Pembangunan Masjid UNAIR Kampus C Surabaya. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu