Siswa Tidak Boleh Asal Memilih Jurusan Kuliah di SNMPTN dan SBMPTN

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR Drs Suko Widodo M.Si (tengah) setelah wawancara secara langsung mensosialisasikan SNMPTN di Radio UNAIR (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS – Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR Drs Suko Widodo M.Si menjadi narasumber di Radio UNAIR Selasa (26/1) lalu.  Topik yang diangkat adalah soal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Dalam kesempatan itu, Suko menjelaskan salah satu hal fundamental yang mesti dimiliki oleh calon mahasiswa. Yakni, passion atau hasrat untuk masuk ke jurusan tertentu.

Siswa mesti punya kecenderungan atau keinginan kuat untuk masuk sebuah jurusan. Lantas, pilihlah itu dengan mantap. “Orientasi harus jelas. Ingin masuk jurusan apa, cita-citanya apa, passion atau keinginannya apa. Biar pas kuliah nanti enjoy,” kata pria yang juga dosen FISIP tersebut.

Pilihan itu sangat penting dalam proses SNMPTN (jalur undangan) dan SBMPTN (tes tulis/CBT). Maka itu, pilihlah dengan kesungguhan dan bukan karena terpaksa. Jangan sampai, hanya karena sebuah jurusan di PTN peminatnya sedikit, pilihan itu yang diambil. Kalau demikian, perkuliahannya kelak tidak akan maksimal.

Drs Suko Widodo M.Si saat On Air menjawab pertanyaan seputar SNMPTN di Radio UNAIR (Foto: UNAIR NEWS)
Drs Suko Widodo M.Si saat On Air menjawab pertanyaan seputar SNMPTN di Radio UNAIR (Foto: UNAIR NEWS)

Di sesi tanya jawab, salah satu pendengar Radio UNAIR dari Kendari menanyakan, apakah kalau sekolahnya tidak pernah memiliki alumni yang kuliah di UNAIR, kesempatan dia diterima di kampus ini lewat jalur SNMPTN tertutup?

“Rekam jejak alumni sekolah memang menjadi variabel. Tapi, bukan yang utama. Yang terpenting tetap nilaimu sendiri. Di UNAIR, ada parameter keindonesiaan, kebhinekaan, yang ujung-ujungnya adalah kesamaan peluang siswa dari mana pun asalnya,” kata Suko menjawab pertanyaan Laode Alfian melalui Chat Box di www.radiounair.com tersebut.

Untuk mengetahui teknis tentang SNMPTN dan SBMPTN bisa dengan mengakses snmptn.ac.id dan sbmptn.ac.id. Bisa pula melalui website ppmb.unair.ac.id. (*)

Penulis: Rio F. Rachman

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu