Mushala ‘Kahuripan Mukti’, Mendadak Penuh

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Terlihat penuh sesak, siswi-siswi MAN 1 Gresik saat sedang mengantri untuk melaksanakan shalat dzuhur (Foto: UNAIR NEWS)

UNAIR NEWS –  Mushala “Kahuripan Mukti” di Kantor Manajemen Universitas Airlangga (UNAIR), hari Selasa (26/1) itu mendadak penuh sesak dengan jamaah salat dhuhur. Sampai-sampai salat berjamaah itu berlangsung setidaknya dua kali, karena luas mushala yang tidak bisa menampung lebih dari 100 orang jamaah.

Penambahan jamaah salat yang besar itu ternyata karena ada kunjungan siswa dari MAN I Kabupaten Gresik yang ingin mengetahui dari dekat tentang UNAIR dan SNMPTN 2016. Karena pertemuan dengan 150 siswa kelas XII itu pukul 14.00, mereka baik laki-laki dan perempuan memanfaatkan waktu untuk salat dhuhur dahulu di Mushala Gedung Rektorat UNAIR itu.

”Kami sengaja diajak datang lebih awal karena khawatir terjadi kemacetan dalam perjalanan menuju kesini. Ya agar tidak terlambat saja,” kata Maisarah, salah seorang siswi.

“Masjidnya UNAIR-nya kok belum dipergunakan, Pak,” tanya Yulia, rekannya ketika sama-sama antre untuk wudlu.

Mereka berdua mengangguk-anggukkan kepala ketika UNAIR NEWS menjelaskan bahwa masjid “Asma’ul Husna” di kampus C UNAIR saat ini masih dalam pembangunan, yang diharapkan pada bulan April 2016 nanti sudah rampung dikerjakan, atau setidaknya bulan Juni selesai total. Tetapi saat ini pada bangunan di lantai 1 (satu) sudah dipergunakan untuk Salat Jumat, karena lantainya sudah rapi dan bisa digunakan secara darurat. Seperti diketahui pembangunan masjid setinggi tiga lantai tersebut merupakan prakarsa Alumni UNAIR.

Selama ini mushala “Kahuripan Mukti” dipergunakan untuk salat berjamaah bagi para sivitas UNAIR, baik mereka yang tempat bekerjanya di Gedung Kantor Manajemen kampus C, maupun civitas dan tamu yang sedang berada di Rektorat Universitas Airlangga ini.

Mushala dibagi dua bagian, bagian depan untuk jamaah laki-laki dan bagian belakang untuk jamaah perempuan. Biasanya sivitas menggunakannya untuk salat Dhuhur, Ashar, Magrib dan Isya’. Ketika bulan Ramadhan diselinggi dengan “Kultum” yang disampaikan seusai salat Dhuhur, yang diisi oleh pimpinan dan tokoh agama yang ada di UNAIR. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu