Ratusan siswa dengan seksama mendengarkan paparan menganai UNAIR dan SNMPTN, SBMPTN di Aula Garuda Mukti UNAIR. (Foto: Nuri Hermawan)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga kembali menerima kunjungan dari siswa-siswi SMA. Pengunjung berasal dari siswa dan guru SMAN 1 Taman Sidoarjo pada Rabu (20/1), dan SMAN 1 Sidayu Gresik pada Kamis (21/1). Kedua SMA itu disambut oleh staf Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen UNAIR.

Sekretaris PIH UNAIR, Dr. Eduardus Bimo Aksono H, drh., M.Kes menyatakan, bahwa kedatangan rombongan di Aula Garuda Mukti ini merupakan hal yang istimewa. Bimo menyampaikan bahwa ruangan ini merupakan ‘ruang sakral’ bagi sivitas akademika UNAIR karena setiap guru besar hampir selalu dikukuhkan di Aula Garuda Mukti.

Maisaroh, M.Pd, guru pendamping siswa SMAN 1 Taman Sidoarjo, menuturkan, bahwa kedatangannya bersama 358 siswa bertujuan menjalin silaturahim dengan UNAIR dan memenuhi program sekolah tiap tahun.

“Kegiatan ini merupakan program tahunan di sekolah kami. Alhamdulilah! Terimakasih atas sambutannya yang dilakukan di aula yang istimewa ini. Semoga kesakralan Aula Garuda Mukti ini bisa menjadi awal bagi siswa-siswi kami untuk menjadi orang yang sukses,” jelasnya.

Senada dengan Maisaroh, Drs. H.M Basori selaku guru pendamping siswa SMAN 1 Sidayu Gresik berharap kedatangan 269 siswa dan 12 guru pendamping bisa menjadi langkah awal bagi pihaknya untuk menentukan pilihan program studi yang tepat. Selain itu informasi seputar kehidupan kampus yang didapatkan bisa menjadi modal untuk merencanakan hal-hal yang harus dilakukan ketika kuliah nantinya.

“Kami berharap, hal-hal yang penting mengenai informasi yang cukup tentang SNMPTN, SBMPTN dan kehidupan kampus di perguruan tinggi nantinya dapat menjadi bekal bagi anak didik kami, dan semoga anak didik kami kelak bisa menjadi guru besar, sebagaimana ruang ini yang kerap digunakan untuk pengukuhan guru besar UNAIR,” ujarnya.

Informasi yang disampaikan oleh pihak Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR kali ini juga sangat detail. Selain laman resmi SNMPTN yang sudah dibuka pekan ini, aturan yang sudah ditetapkan pemerintah tersebut bisa secara pasti dan jelas disampaikan kepada siswa yang hadir.

“Ada hal yang berubah dalam SNMPTN tahun ini, yakni presentase siswa yang bisa mengikuti seleksi SNMPTN akan kembali ditentukan oleh panitia melalui kriteria akreditasi masing-masing sekolah, sebagaimana pada tahun 2011 dan 2012,” jelas Drs. Adri Supardi, MS, selaku pemateri dari PPMB UNAIR.

Penulis: Nuri Hermawan
Editor: Defrina Sukma S.

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone